Pengembangan Media Pop-Up Box Dipadukan Aplikasi QR Code Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI MA/SMA

Fajrin, Marwa (2023) Pengembangan Media Pop-Up Box Dipadukan Aplikasi QR Code Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI MA/SMA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (891kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (421kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)

Abstract

Tujuan dari studi ini ialah untuk mengembangkan media Pop-Up Box dipadukan aplikasi QR Code sebagai media pembelajaran pada materi sistem pernapasan kelas XI MA/SMA. Untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik pada pengembangan media Pop-Up Box dipadukan QR Code sebagai media pembelajaran pada materi sistem pernapasan kelas XI MA/SMA. Jenis studi yang dipakai ialah studi pengembangan Research and Development (RnD) dengan model pengembangan Borg and Gall. Tahapan yang dipakai: (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) perbaikan produk, (6) uji coba produk (uji coba kepraktisan), (7) revisi produk. Berlandaskan media yang dikembangakan kemudia divalidasi oleh 1 ahli media dan 1 ahli materi. Studi ini diuji cobakan di MA Maftahul Falah Sinanggul Jepara. Subjek studi ini ialah 30 siswa kelas XI IPA dan 1 pendidik biologi. Hasil studi pengembangan ini berwujud media Pop-Up Box dipadukan aplikasi QR Code sebagai media pembelajaran pada materi sistem pernapasan kelas XI MA/SMA memakai model pengembangan Borg and Gall. Media Pop-Up Box dipadukan aplikasi QR Code yang dibuat memakai bahan kayu triplex untuk bagian luar untuk menjaga ketahanan media. Di lain sisi bagian dalam (isi) memakai kertas karton yang berwujud kubus sama sisi dengan ukuran 25 cm dan tebal 1,2 cm dan pemakaian kertas karton pada bagian dalam (isi) untuk mempermudah pembuatan pop-up. QR code dibuat memakai aplikasi My QR Code. Hasil validasi dari ahli media dengan nilai pada aspek tampilan dan kemudahan pemakaian mendapat nilai 80% dengan kriteria ”sangat valid”. Di lain sisi penilaian ahli materi pada aspek penyajian dan bahasa mendapat nilai 91,6%, sehingga masuk dalam kriteria “sangat valid”. Pada analisis pendidik mendapatkan hasil 73,6% masuk pada kategori “praktis”. Pada analisis penilaian peserta didik mendapatkan skor 86% masuk pada kategori “sangat praktis”. Berlandaskan hasil tersebut, media Pop-Up Box dipadukan aplikasi QR Code sebagai media pembelajaran pada materi sistem pernapasan kelas XI MA/SMA layak digunakan sebab media ini sudah lewat tahapan yang runtut dan bisa dipertanggungjawabkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Pop-Up Box, sistem pernapasan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Aug 2024 08:38
Last Modified: 08 Aug 2024 08:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11930

Actions (login required)

View Item View Item