ANALISIS PELAKSANAAN MODEL SUPERVISI ILMIAH OLEH KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PADA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 02 KUDUS

Hasyim, Nailul Muna Noor (2017) ANALISIS PELAKSANAAN MODEL SUPERVISI ILMIAH OLEH KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PADA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 02 KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (991kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (868kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (9MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mandeskripsikan dan menganalisa tentang: (1) Pelaksanaan kegiatan supervisi oleh Kepala Madrasah terhadap kinerja guru dalam pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak, (2) Peningkatan kemampuan kompetensi pedagogik setelah dilakukan kegiatan supervisi dengan menggunakan model supervisi ilmiah terhadap kinerja guru pada pembelajaran Akidah Akhlak. (3) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan supervisi yang menggunakan model supervisi ilmiah oleh Kepala Madrasah terhadap kinerja guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak pada pembelajaran Akidah Akhlak. Jenis penelitian ini merupakan field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah: (a) Sumber data primer : kepala madrasah, waka kuriulum, guru Akidah Akhlak, guru senior (b) Sumber data sekunder : dokumen atau arsip seperti Jadwal Administrasi dan Pembelajaran Guru MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2015-2016, Instrumen Monitoring dan Evaluasi Guru Sertifikasi MA di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Kudus Tahun Pelajaran 2015-2016, dan Jadwal Kegiatan Pembelajaran MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisi data menggunakan metode analisis yang dikembangkan oleh Miles and Huberman ada tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Pelaksanaan model supervisi ilmiah oleh kepala madrasah di MAN 2 Kudus dilaksanakan dua kali dalam satu tahun pelajaran, yaitu pada semester gasal dan genap. Kepala madrasah diperbantukan tim supervisi untuk mensupervisi guru yang dikoordinir oleh bidang kurikulum. Pelaksanaan kegiatan supervisi di MAN 2 Kudus menggunakan instrumen penilaian sebagai bahan evaluasi bagi supervisor untuk menilai kinerja guru. Dan supervisor juga menggunakan teknik tertentu, yakni teknik individu dan kelompok. Supervisor menekankan sikap demokratis dan solutif dalam kegiatan supervisi, 2) Adanya peningkatan yang cukup signifikan ditunjukkan dengan hasil akhir dari instrumen supervisi yang dilakukan oleh supervisor kepada guru Akidah Akhlak, yang berarti kinerja guru dan kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak dikategorikan layak, 3) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan model supervisi ilmiah oleh kepala madrasah ada dua yaitu waktu dan jumlah guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Supervisi Ilmiah; Kinerja Guru; Kompetensi Pedagogik
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:53
Last Modified: 05 Jun 2017 04:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1194

Actions (login required)

View Item View Item