Peran Zakat Infak Sedekah (Zis) Dalam Mewujudkan Sustainable Develoments Goals (Sdgs) Melalui Program Dibidang Kesehatan (Studi Kasus Lazismu Kudus)

Zahro, Fatimatuz (2023) Peran Zakat Infak Sedekah (Zis) Dalam Mewujudkan Sustainable Develoments Goals (Sdgs) Melalui Program Dibidang Kesehatan (Studi Kasus Lazismu Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (460kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (619kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (489kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (364kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (581kB)

Abstract

Dana ZIS memiliki potensi yang besar untuk membantu meningkatkan pembangunan sehingga jika dikelolah secara professional mampu untuk membantu mewujudkan tujuan pembangunan. Penelitian ini dengan judul “Peran Zakat Infak Sedekah (Zis) Dalam Mewujudkan Sustainable Develoments Goals (Sdgs) Melalui Program Dibidang Kesehatan (Studi Kasus Lazismu Kudus)” bertujuan untuk mengetahui: (1) keselarasan proigram kesehatan Lazismui dengan tuijuian SDGs dibidang kesehatan (2) pendayaguinaan ZIS di Lazismui dibidang kesehatan (3) peran ZIS dalam mewuijuidkan tuijuian SDGs melaluii proigram dibidang kesehatan di Lazismu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan penelitian kualilatif menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan beberapa informan yang memiliki keterkaitan dalam penelitian yang diteliti, diantarannya : ketua, manajer, sttaf program, staff keuangan, dan staff fundaraising Lazismu yang berperan dalam pengumpulan, pengelolahan, dan pendayagunaan ZIS di Kudus. Selanjutnya dianalisis dengan teknik Miles dan Huberman melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan yaitu: Pertama adanya keterkaitan dan kesinambungan antara program kesehatan Lazismu dengan tujuan SDGs dibidang kesehatan. Kedua, ZIS disalurkan dan didagayunakan melalui beberapa program kesehatan yaitu Program Rendamg-Mui, Kadoi Ramadhan, Paket Sembakoi, Peduili Kesehatan, ENTB, Ambuilance Siaga, Bebas Coivid, & Pemberdayaan Difabel, setiap bulannya lebih dari 100 mustahiq menerima manfaat dari pengelolaan ZIS di Lazismu. Ketiga. ZIS memiliki peranan dalam pencapaian SDGs dibidang kesehatan dengan mendukung 2 target dari 4 target nasional SDGs Indonesia dibidang kesehatan, melalui pendanaan untuk program yang bergerak dalam pelayanan kesehatan dan upaya pelayanan promotif dan preventif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuparwi, SuparwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembangunan Berkelanjutan (Sdgs), ZIS, Kesehatan
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Ibadah > Zakat
Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Pemberian > Sadaqah
Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Sadaqah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:54
Last Modified: 12 Aug 2024 04:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11940

Actions (login required)

View Item View Item