Analisis Proporsi Ranah Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Mambaul Falah Piji Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023

Achsan, Achmad Nasyir (2023) Analisis Proporsi Ranah Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Mambaul Falah Piji Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (424kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (303kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (483kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (277kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan Proporsi Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih di MTs Mambaul Falah Piji Dawe (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Mambaul Falah Piji Dawe Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif dengan menggunakan paradigma naturalistik. Lokasi penelitian di MTs Mambaul Falah Piji Dawe Kudus sebagai sumber data untuk mendapatkan potret evaluasi pembelajaran daring mata pelajaran Fiqih kelas VII. Data tersebut diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pelaksanakan evaluasi pembelajaran dilakukan ketiga-tiganya yaitu mulai dari ranah kognitif, afektif dan juga psikomotorik. Namun dalam evaluasi materi Thaharah guru fiqih lebih sering menggunakan penilaian kognitif dibandingkan dengan penilaian afektif dan psikomotorik.. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi proporsi ranah evaluasi pembelajaran Fiqih di kelas VII di Mts Mambaul Falah Piji Dawe Kudus ada kalanya faktor internal dan juga faktor eksternal. Adapun faktor internalnya meliputi, pengetahuan teoritis tentang evaluasi pembelajaran, latar belakang pendidikan guru dan pengalaman mengajar. Sedangkan untuk faktor eksternalnya meliputi faktor media dan sumber belajar, kurangnya buku-buku untuk menunjang kegiatan pendidikan dan pembelajaran khususnya mata pelajaran hukum islam, sarana dan media penelitian fiqih yang ada di mts mambaul falah saat ini belum memadai secara maksimal, guru tidak melakukan perubahan apapun dalam penyampaian materi kepada siswa, dibutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak untuk melakukan penilaian afektif sedangkan daya dukung guru lain kurang optimal, beberapa guru memiliki kesan bahwa evaluasi dari berbagai ranah seperti kognitif, afektif dan psikomotorik menyulitkan dalam menulis laporan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, Rukhaini FitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Pembelajaran Fikih, Proporsi Evaluasi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:03
Last Modified: 12 Aug 2024 07:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11949

Actions (login required)

View Item View Item