Sari, Febriani Diah Ayu Wulan (2023) Dekadensi Moral Guru Joget Tiktok (Study Kontradiksi Hadis Akhlak). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (365kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (409kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (535kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (663kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (528kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (850kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (425kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (465kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kemerosotan akhlak guru di era millenial. Seiring dengan kemajuan teknologi, sebagian guru milenial mulai mengalami dekadensi moral. Dimulai dengan sikap, perilaku sosial, dan penggunaan media pembelajaran. Hal inilah yang menjadi konradiksi dalam pandangan hadis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menggunakan teknik pengumpulan data penelitian kepustakaan untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis bukan angka atau hasil lapangan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode hadis tematik atau lebih dikenal dengan metode pemahaman hadits maudhu’i. Hasil dari penelitian: kontradiksi yang terjadi dalam penelitian ini adalah antara perilaku guru joget TikTok yang menunjukkan dekadensi moral dengan prinsip-prinsip moral yang terdapat dalam hadis akhlak. Seorang guru seharusnya menjadi contoh dan panutan bagi siswa-siswa mereka dalam hal moralitas dan etika profesi, namun perilaku guru joget TikTok yang mengutamakan popularitas di media sosial justru tidak mencerminkan hal tersebut. Dalam hadis akhlak, terdapat banyak nilai-nilai moral seperti muru’ah, akhlak baik, kesopanan, dan kasih sayang yang seharusnya diterapkan oleh seorang guru dalam bertindak dan bersikap, namun perilaku guru joget TikTok yang mengabaikan prinsip-prinsip tersebut menunjukkan adanya kontradiksi antara ajaran agama dengan praktek sehari-hari menunjukkan bahwa guru joget TikTok tidak hanya memperlihatkan dekadensi moral, tetapi juga mengabaikan prinsip-prinsip moral dalam Islam yang terdapat dalam hadis akhlak. Guru-guru tersebut cenderung mengutamakan kepuasan pribadi dan popularitas di media sosial daripada menghargai etika profesi mereka sebagai pendidik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | dekadensi moral, guru tiktok,kontradiksi hadis akhlak | ||||||
Subjects: | Hadits dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu Hadits, termasuk Musthallah Hadits | ||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:02 | ||||||
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:02 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11964 |
Actions (login required)
View Item |