Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui “Budaya Madrasah” Di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus

Rohmah, Nanda Tazqiyatir (2023) Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui “Budaya Madrasah” Di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (919kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (446kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (355kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (485kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (745kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (393kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (432kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)

Abstract

Penelitian ini latar belakangi oleh pentingnya membentuk karakter religius kepada peserta didik melalui budaya madrasah yang mana dalam hal ini madrasah tidak hanya memberikan kematangan intelektual kepada siswanya, tetapi juga kematangan mental dan spiritual. Budaya madrasah juga berperan penting dalam pembentukan karakter religius. Oleh karena itu, budaya madrasah dapat dikatakan sebagai salah satu aspek yang mempengaruhi perkembangan peserta didik, karena budaya madrasah yang religius terbentuk dari pembiasaan religius yang dilaksanakan secara terus menerus bahkan sampai tumbuh kesadaran dari semua warga madrasah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana karakter religius siswa di MTs NU Ibtidaul Falah? (2) Bagaimana pembentukan karakter religius siswa melalui budaya madrasah di MTs NU Ibtidaul Falah?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Membahas mengenai karakter religius peserta didik di MTs NU Ibtidaul Falah (2) Membahas mengenai pembentukan karakter religius siswa melalui budaya madrasah di MTs NU Ibtidaul Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Subjek penelitian adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru Mapel PAI dan Siswa MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Teknik pengumpulan data penelitian dikumpulkam melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Pengujian keabsahan data diperoleh melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data melalui tahapan-tahapan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Karakter religius siswa di MTs NU Ibtidaul Falah direalisasikan ke dalam 3 indikator, yaitu : a) Karakter religius sikap dan perilaku patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya. b) Karakter religius sikap dan perilaku sopan terhadap orang lain. c) Karakter religius toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain dan karakter religius hidup rukun dengan pemeluk agama lain. (2) Pembentukan karakter religius siswa melalui budaya madrasah di MTs NU Ibtidaul Falah diantaranya melalui : a) Bersalam-salaman dengan bapak ibu guru ketika memasuki lingkungan madrasah, b) Berdo’a sebelum dan sesudah pelajaran, c) Tadarus Al-Qur’an di pagi hari, d) Shalat dzuhur berjama’ah, e) Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), f) Khataman Al-Qur’an, g) Praktik tahlilan, h) Praktik membaca Al-Barzanji, i) Praktik wiridan, j) Praktik hafalan surat pendek, k) Praktik ibadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFalah, Riza ZahriyalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Religius, Budaya Madrasah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Aug 2024 02:12
Last Modified: 15 Aug 2024 02:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11982

Actions (login required)

View Item View Item