Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Kontekstual

Irdiana, Lufi (2023) Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Kontekstual. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (248kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peserta didik yang mempunyai tingkat kecerdasan logis matematis tinggi, belum pasti memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi juga. Hal tersebut disebabkan oleh guru yang belum tepat dalam memilih strategi pembelajaran, sehingga peserta didik kurang mengasah kemampuan kecerdasan logis yang dimiliki. Strategi pembelajaran yang dirasa tepat untuk mengasah kemampuan kecerdasan logis yang dimiliki oleh peserta didik adalah pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada atau tidaknya hubungan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah melalui pendekatan kontekstual, (2) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah melalui pendekatan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif . Populasi yang digunakan penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Hasan Kafrawi yang berjumlah 90 siswa dan sampelnya siswa kelas VIII A MTs Hasan Kafrawi yang berjumlah 28. pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling, dimana cara pengambilannya dengan cara undian. Data penelitian dikumpulkan melalui instrument angket kecerdasan logis matematis dan tes soal kemampuan pemecahan masalah, serta dokumentasi kegiatan penelitian. Teknik analisis data menggunakan 2 teknik, yaitu korelasi product momen dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif r=0,468 dan signifikan antara kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah melalui pendekatan kontekstual, dan (2) terdapat pengaruh anatara kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah melalui pendekatan kontekstual sebesar 21,9% yang dijelaskan melalui persamaan garis regresi Y ̂=5,123+0,349X.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoor, Naili LumaatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Logis Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan Kontekstual
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:08
Last Modified: 19 Aug 2024 08:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12008

Actions (login required)

View Item View Item