Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Sikap Sosial pada Pembelajaran IPS Kelas VII MTs Matholi’ul Falah Kecamatan Juwana Kabupaten Pati

Qomariyah, Lailatul (2023) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Sikap Sosial pada Pembelajaran IPS Kelas VII MTs Matholi’ul Falah Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (428kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (262kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (477kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan sikap sosial pada pembelajaran IPS kelas VII di MTs Matholi’ul Falah Langgenharjo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. (2) Untuk mengetahui hambatan dan solusi pendidikan karakter dalam pembentukan sikap sosial pada pembelajaran IPS kelas VII di MTs Matholi’ul Falah Langgenharjo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian lapangan (field research) dimana peneliti menjadi instrument yang paling utama dalam pelaksanaan penelitian. Sumber data diperoleh melalui wawancara dengan KepalaMadrasah, Wali kelas VII, Guru IPS, dan siswa kelas VII, serta observasi pembelajaran di kelas. Peneliti mengungkapkan secara fakta apa yang terjadi di sekolah dan hasil wawancara dari narasumber-narasumber yang ada. Sedangkan pendekatan pada penelitian ini mmenggunakan penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti, menunjukkan bahwa peserta didik dapat menerapkan pendidikan karakter dalam pembentukan sikap sosial pada pembelajaran IPS yaitu: (1) Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan sikap sosial pada pembelajaran IPS Kelas VII MTs Matholi’ul Falah Juwana Pati dengan melalui pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial pada kelas VII dilakukan dengan baik, dimana guru ilmu pengetahuan sosial tidak hanya fokus dalam pengetahuan yang diajarkan oleh peserta didik, akan tetapi guru IPS juga mengintegrasikan nilai-nilai karakter menjadi dasar penentuan kompetensi dalam setiap pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas dan guru IPS dan guru-guru lainya. Kemudian sikap sosial yang terbentuk di dalam pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS seperti menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli dan percaya diri yang tercantum di dalam setiap RPP yang dibuat oleh guru IPS dan di implementasikan di dalam kelas. (2) Faktor penghambat dalam pembentukan sikap sosial pada pembelajaran IPS Kelas VII MTS Matholi’ul Falah Juwana Pati meliputi adanya faktor dari keluarga, faktor adanya teknologi pada zaman sekarang yaitu gadget, faktor lingkungan teman, dan dari dalam diri peserta didik. Kemudian solusi yang tepat dalam mengatasi hambatan tersebut adalah adanya guru dan orang tua bekerja sama dalam mendidik dan mengontrol anaknya didalam sekolah maupun diluar sekolah, dan guru lebih tegas lagi dalam membuat peratuan tata tertib di sekolahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFu'adah, LailyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembentukan Sikap Sosial, Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Sep 2024 04:16
Last Modified: 20 Sep 2024 04:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12036

Actions (login required)

View Item View Item