Implementasi Pembelajaran Akhlak Berbasis Kitab Kifayatul Atqiya Kelas XI di MA NU TBS Kudus

Pamungkas, Muchammad Afdhol (2023) Implementasi Pembelajaran Akhlak Berbasis Kitab Kifayatul Atqiya Kelas XI di MA NU TBS Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (990kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (805kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (471kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (602kB)

Abstract

Penelitian ini adalah studi analisis untuk mengetahui implementasi pembelajaran akhlak berbasis Kitab Kifayatul Atqiya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui wawancara terhadap 6 peserta didik, 1 guru mata pelajaran, 1 guru BK dan Kepala Sekolah dan observasi terhadap peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami 1) implementasi pembelajaran Akhlak berbasis kitab kifayatul atqiya, 2) implikasi pembelajaran akhlak berbasis berbasis kitab kifayatul atqiya terhadap pembentukan akhlak siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan memakai pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui 1) observasi, 2) wawancara dan 3) dokumentasi. Analisis pengumpulan data menggunakan 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan 1) perpanjangan pengamatan, 2) peningkatan ketekunan, 3) triangulasi, 4) analisis kasus negatif, 5) menggunakan bahan referensi, dan 6) member check. Peneliti memperoleh data wawancara terhadap 6 peserta didik, 1 guru mata pelajaran, 1 guru BK dan Kepala Sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) implementasi pembelajaran akhlak berbasis kitab kifayatul atqiya menggunakan metode Ma’ani dan tanya jawab. Ma’ani merupakan metode utama sistem pengajaran di lingkungan Madrasah. Dimana ustadz memanai perkata dan menjelaskan maksud dari kalimat tersebut. Sehingga santri juga mendengarkan sekaligus memanai kitabnya. Selain metode Ma’ani proses pembelajaran juga menggunakan metode tanya jawab. Metode ini dapat diklasifikasikan sebagai metode tradisional atau konvensional dan terjadilah interaksi dua arah. Dari pertanyaan ini akan muncul beberap siswa yang akan berinteraksi di dalam pertanyaan tersebut. Dalam penggunaan metode mengajar di dalam kelas, tidak hanya Guru saja yang senantiasa berbicara seperti halnya dengan metode ceramah. melainkan mencakup pertanyaan pertanyaan dan penyumbang ide-ide dari pihak siswa, dan 2) Implikasi pembelajaran akhlak berbasis kitab kifayatul atqiya terhadap pembentukan akhlak siswa adalah dengan membiasakan berakhlaqul karimah dimana pembelajaran kitab kifayatul atqiya memberikan pengaruh positif bagi santri, tingkat pengetahuan akhlak yang dimiliki santri semakin luas, dengan pengetahuan yang telah diperoleh maka secara perlahan-lahan akan tertanam akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari, seperti berbicara dengan santun, menundukkan kepala ketika berpapasan, tidak mendahului ketika berjalan, dan lebih khusyu’ dalam beribadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKisbiyanto, KisbiyantoUNSPECIFIED
Thesis advisorFu'adah, LailyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembejaran Akhlak, Kitab Kifayatul Atqiya
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:12
Last Modified: 24 Sep 2024 02:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12055

Actions (login required)

View Item View Item