Pengembangan Modul IPA Berbasis Analogi Terintegrasi Ayat Al-Qur’an Pada Materi Cahaya di MTs Manba’ul Ulum Kudus

Kisdiyanti, Adinda Ayu (2023) Pengembangan Modul IPA Berbasis Analogi Terintegrasi Ayat Al-Qur’an Pada Materi Cahaya di MTs Manba’ul Ulum Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (833kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (735kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (334kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan modul IPA berbasis analogi terintegrasi ayat Al-Qur’an ini dilatarbelakangi oleh belum tersedianya bahan ajar IPA yang terintegrasi ayat Al-Qur’an yang digunakan dalam proses pembelajaran IPA dan siswa merasa kesulitan dalam memahami materi cahaya karena konsepnya yang abstrak dan cara guru menjelaskan menggunakan metode konvensional. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan 1. menghasilkan produk berupa modul IPA berbasis analogi terintegrasi ayat Al-Qur’an pada materi cahaya, 2. Mengetahui kelayakan modul, dan 3. Mengetahui respon siswa dan guru terhadap modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model 4-D terdiri dari 4 tahap, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun, peneliti menyederhanakan menjadi tiga tahap sampai tahap develop. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli integrasi Al-Qur‘an serta hasil uji coba tanggapan guru dan siswa. Hasil penelitian ini berupa modul IPA berbasis analogi terintegrasi ayat Al-Qur’an pada materi cahaya. Hasil kelayakan modul IPA berbasis analogi terintegrasi ayat Al-Qur’an pada materi cahaya dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi sebesar 90% dari ahli media, 86,25% dari ahli materi, dan 92,5% dari ahli integrasi ayat Al-Qur'an. Serta modul IPA berbasis analogi terintegrasi ayat Al-Qur’an pada materi cahaya mendapat hasil respon baik dari siswa dan guru dengan persentase respon siswa 84,25% dan respon guru memperoleh presetase 84,5% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dari hasil validasi para ahli, respon siswa, dan respon guru modul IPA berbasis analogi terintegrasi ayat Al-Qur' an pada materi cahaya dinyatakan sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoor, Faiq MakhdumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul, Analogi, Integrasi Ayat Al-Qur’an
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:04
Last Modified: 25 Sep 2024 04:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12078

Actions (login required)

View Item View Item