Muna, Fauzul (2023) Penerapan Pendidikan Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran IPS dengan Pendekatan PjBL untuk Meningkatkan Ecoliteracy Peserta Didik Kelas VII di MTs. NU Al-Munawwaroh Lau Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (253kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (359kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (299kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (355kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (149kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
Abstract
Pendidikan peduli lingkungan dapat diintegrasikan ke dalam mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode tertentu, seperti Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui bentuk penerapan program pendidikan peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS dengan metode PjBL di MTs. AL-Munawwaroh Lau Dawe Kudus. 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS dengan metode PjBL di MTs. AL-Munawwaroh Lau Dawe Kudus. 3) Mengetahui pengaruh pendidikan peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS dengan metode PjBL di MTs. AL-Munawwaroh Lau Dawe Kudus. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru IPS, kepala sekolah, dan peserta didik MTs. Al-Munawwaroh Lau Dawe Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang dicapai pada penelitian ini yaitu pendidikan peduli lingkungan dalam pelmbelajaran IPS dengan metode PjBL di MTs. Al-Munawwaroh untuk meningkatkan ecoliteracy sudah cukup baik, selain itu peserta didik juga lebih semangat dalam belajar IPS. Materi yang relevan, kesiapan guru, dan interaksi peserta didik menjadi faktor pendukung, sedangkan faktor penghambat adalah waktu pembelajaran yang terbatas, dan peserta didik kurang kondusif. Keberhasilan pendidikan peuli lingkungan dengan metode pjbl ini dapat dilihat dari peserta didik lebih tertarik belajar lingkungan dengan membuat proyek, peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran IPS, peserta didik lebih kreatif, tanggung jawab dan peduli terhadap sampah sekitar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Peduli Lingkungan, Pembelajaran IPS, Project Based Learning, Ecoliteracy peserta didik | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2024 03:28 | ||||||
Last Modified: | 26 Sep 2024 03:28 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12112 |
Actions (login required)
View Item |