Penerapan Pendidikan Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran IPS dengan Pendekatan PjBL untuk Meningkatkan Ecoliteracy Peserta Didik Kelas VII di MTs. NU Al-Munawwaroh Lau Dawe Kudus

Muna, Fauzul (2023) Penerapan Pendidikan Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran IPS dengan Pendekatan PjBL untuk Meningkatkan Ecoliteracy Peserta Didik Kelas VII di MTs. NU Al-Munawwaroh Lau Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (359kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (299kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (355kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)

Abstract

Pendidikan peduli lingkungan dapat diintegrasikan ke dalam mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode tertentu, seperti Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui bentuk penerapan program pendidikan peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS dengan metode PjBL di MTs. AL-Munawwaroh Lau Dawe Kudus. 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS dengan metode PjBL di MTs. AL-Munawwaroh Lau Dawe Kudus. 3) Mengetahui pengaruh pendidikan peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS dengan metode PjBL di MTs. AL-Munawwaroh Lau Dawe Kudus. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru IPS, kepala sekolah, dan peserta didik MTs. Al-Munawwaroh Lau Dawe Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang dicapai pada penelitian ini yaitu pendidikan peduli lingkungan dalam pelmbelajaran IPS dengan metode PjBL di MTs. Al-Munawwaroh untuk meningkatkan ecoliteracy sudah cukup baik, selain itu peserta didik juga lebih semangat dalam belajar IPS. Materi yang relevan, kesiapan guru, dan interaksi peserta didik menjadi faktor pendukung, sedangkan faktor penghambat adalah waktu pembelajaran yang terbatas, dan peserta didik kurang kondusif. Keberhasilan pendidikan peuli lingkungan dengan metode pjbl ini dapat dilihat dari peserta didik lebih tertarik belajar lingkungan dengan membuat proyek, peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran IPS, peserta didik lebih kreatif, tanggung jawab dan peduli terhadap sampah sekitar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNur, Dany Miftah MUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Peduli Lingkungan, Pembelajaran IPS, Project Based Learning, Ecoliteracy peserta didik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:28
Last Modified: 26 Sep 2024 03:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12112

Actions (login required)

View Item View Item