Implementasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Finger Painting di TK Muslimat Al Munawwaroh Lau Dawe Kudus (Study Analisis Naeurosains)

Chandrawati, Eka Yanis (2023) Implementasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Finger Painting di TK Muslimat Al Munawwaroh Lau Dawe Kudus (Study Analisis Naeurosains). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (747kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (137kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (254kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (526kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (581kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (412kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (63kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (280kB)

Abstract

Imajinasi anak yang dapat berkembang dengan optimal akan menghasilkan sesuatu yang baru dan hal itu sering disebut dengan kreatif. Kreativitas anak muncul melalui kegiatan yang dilakukan pada saat proses Kegiatan berlangsung maupun sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengembangan kreativitas anak usia dini melalui Kegiatan Finger paintingdengan eksplorasi, eksperimen, imajinasi, hasil karya di TK Muslimat Al Munawwaroh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitataif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun responden pada penelitian ini terdiri dari : seorang kepala sekolah, 2 guru. Siswa kelas B dengan tujuan mengetahui upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini, implementasi pengembangan krativitas yang dilakukan di TK Muslimat Al Munawwaroh melalui kegiatan finger Painting.Setelah data terkumpul, data tersebut dianalisis sesuai teori yang relevan pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan pengembangan kreativitas di TK Muslimat Al Munawwaroh Lau Dawe Kudus sudah menerapkan prinsip nuerosains yang dilaksanakan melalui Kegiatan Finger painting, hal ini dibuktikan dari strategi pengembangan kreativitas anak melalui eksplorasi sudah berada pada tahap pra pemaparan, persiapan, inisiasi dan akuisi. Kemudian strategi pengembangan kreativitas anak melalui eksperimen ada pada tahap elaborasi.Sedangkan strategi pengembangan kerativitas melalui imajinasi pada tahap inkubasi dan verivikasi dan hasil karya berada pada tahap integrasi.Keempat strategi pengembangan kreativitas anak melalui Kegiatan Finger painting sudah berhasil dengan di tunjukkan hasil indikator pencapaian pengembangan anak mengalami peningkatan secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsnawarti, ZakiyahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Finger painting, Neurosains
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Sep 2024 08:51
Last Modified: 26 Sep 2024 08:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12126

Actions (login required)

View Item View Item