Istidaiyah, Ifa (2023) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas XI MA Al-Mustaqim Bugel Kedung Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (269kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui “pengaruh pembelajaran berbeasis daring terhadap tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qut’an Hadist Kelas XI MA Al Mustaqim Bugel Kedung Jepara”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dimana dapat juga diartikan sebegai bentuk penelitian untuk mengetahui akibat dari perlakuan terhadap suatu objek yang diteliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner dan dokumentasi, yang mana peneliti menyebar soal tes dan angket kuesioner pada siswa kelas XI MA Al-Mustaqim dan sebelumnya memang belum pernah melakukan pembelajaran secara daring. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI MA Al-Mustaqim Bugel Kedung Jepara yang berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif (statistik) dengan menggunakan analisis linear berganda. Untuk membantu proses penyelesaian penelitian ini maka analisis statistiknya menggunakan program aplikasi statistik SPSS Statistic 16 for Windows. Penelitian ini memperoleh tiga temuan yaitu Pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan pembelajaran daring pada peserta didik kelas XI di MA Al-Mustaqim Bugel Kedung Jepara mendapatkan respon yang positif dari siswa yaitu dengan prosentase jawaban siswa pada setiap indikator pertanyaan berada ±50%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring bermanfaat bagi siswa untuk memahami mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Rata-rata tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist dengan menggunakan pembelajaran daring masuk dalam kategori tinggi, sebanyak 8 orang siswa dinyatakan belum tuntas dengan nilai di bawah rata-rata dan 17 orang lainnya dinyatakan tuntas dengan nilai di atas rata-rata. Berdasarkan hasil pengujian uji t (parsial), menunjukan hasil bahwa variabel pembelajaran berbasis daring tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahamn siswa. hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data memiliki nilai signifikansi sebesar 0,303 lebih besar dari 0,05 dan nilai t hitung sebesar -1,053 lebih kecil dari t tabel sebesar 2,068. Sehingga hasil pengujian tidak memenuhi syarat maka hipotesis variabel pembelajaran berbasis daring pada penelitian ini ditolak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Daring, Tingkat Pemahaman Siswa, Al-Qur’an dan Hadist | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Sep 2024 07:35 | ||||||
Last Modified: | 27 Sep 2024 07:35 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12131 |
Actions (login required)
View Item |