Sari, Devita (2023) Pengaruh Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Numerik Dalam Menyelesaikan Soal Hots (Higher Order Thingking Skills) Di Mts Nu Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (819kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (373kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (291kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (391kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (440kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (540kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (783kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (249kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
Abstract
Kemendikbud telah mengemukakan bahwa soal matematika yang diberikan kepada peserta didik dalam buku siswa di kurikulum 2013 merupakan soal yang memiliki type HOTS (higher order thingking skills). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hubungan kemampuan verbal terhadap kemampuan menyelesaikan soal HOTS. 2) untuk mengetahui hubungan kemampuan verbal terhadap kemampuan menyelesaikan soal HOTS. 3) pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan numerik dalam menyelesaikan soal HOTS. Indikator soal pada penelitian ini ialah kemampuan verbal: Memahami arti dari suatu gambar, sinonim, antonim dan definisi. Kemampuan numerik: mampu pengoprasian dan sifat-sifat yang dimiliki, mampu melakukan perhitungan sederhana matematika, memahami hubungan antara angka. Kemampuan HOTS: menganalisis (C4), mengevasluasi (C5) dan mengkreasi (C6). Pupulasi pada penelitian ini adalah kelas VIII MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus dengan menggunakan Teknik simple random sampling dan terpilihlah kelas VIII B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunaklan uji korelasi dan uji regresi. Hasil dari penelitian ini 1) terdapat hubungan antara kemampuan verbal dengan kemampuan menyelesaikan soal HOTS dengan kategori sedang (r=0,416). 2) terdapat hubungan antara kemampuan numerik dengan kemampuan menyelesaikan soal HOTS dengan kategori tinggi (r=0,939). 3) terdapat pengaruh antara kemampuan verbal, kemampuan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan soal HOTS dengan nilai persamaan Y=-18,181+0,295 X_1+0,939X_2
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, Soal HOTS (Higher Order Thingking Skills) | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Murni > Matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Sep 2024 07:54 | ||||||
Last Modified: | 27 Sep 2024 07:54 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12135 |
Actions (login required)
View Item |