Implementasi Pendekatan Rigorous Mathematical Thingking Materi SPLDV Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Madrasah Tsanawiyah

Triyani, Siti Defi (2023) Implementasi Pendekatan Rigorous Mathematical Thingking Materi SPLDV Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (687kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (591kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (847kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (693kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan awal komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui pendekatan Rigorous Mathematical Thingking (RMT) dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional di MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak. Selain itu, untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan akhir komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui pendekatan RMT dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional di MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini di MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak yang dilaksanakan pada pada semester gasal tahun ajaran 2022/2023. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 385 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 61 siswa dengan rincian kelas VIII C sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol berjumlah 31 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini menggunakan non equivalent control group design. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi bivariate pearson (korelasi produk momen pearson), sedangkan uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan uji reliabilitas alpha cronbach. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji independent t-test. Hasil penelitian kuantitattif dari output SPSS menunjukkan lebih besar dari 0,05 pada hasil uji independent t test pada pre tes, sedangkan pada post tes menunjukkan hasil kurang dari 0,05 pada uji independent t-tes. Hasil kemampuan akhir komunikasi matematis siswa pada post tes kelas eksperimen memiliki rata-rata 90,27 menggunakan pendekatan RMT, sedangkan hasil kemampuan akhir komunikasi matematis siswa pada post tes kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 63,03. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa di Madrasah Tsanawiyah Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak dengan menggunakan materi SPLDV adalah tidak terdapat perbedaan kemampuan awal komunikasi matematis siswa pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol sebelum dilakukan perlakuan (treathment), serta kemampuan akhir komunikasi matematis siswa pada kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol setelah dilakukan perlakuan (treathment). Berdasarkan hasil penelitian, pendekatan RMT dapat dijadikan alternatif untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalasari, Putri NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis, Rigorous Mathematical Thingking, SPLDV
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Sep 2024 03:55
Last Modified: 30 Sep 2024 03:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12152

Actions (login required)

View Item View Item