Muflichah, Nailatul (2023) Implementasi Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V C Pada Mata Pelajaran PPKn di MI NU Nurul Haq Kaliwungu Kudus Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (627kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (371kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (590kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (630kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (495kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (902kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (450kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (488kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi metode snowball throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V C pada Mata Pelajaran PPKn di MI NU Nurul Haq Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023, 2) Aspek pendukung dan Aspek penghambat implementasi metode snowball throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V C pada Mata Pelajaran PPKn di MI NU Nurul Haq Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reserch). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara kepada kepala sekolah, guru mapel PPKn kelas VC, dan peserta didik kelas VC dan melalui dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan Triangulasi dengan tiga jenis yaitu Triangulasi sumber, teknik dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan: Pertama, implementasi metode snowball throwing pada Mata Pelajaran PPKn MI NU Nurul Haq Kaliwungu Kudus yaitu tahapan awal ialah guru membuat RPP. Tahapan kedua ialah proses implementasi metode snowball throwing. Tahapan ketiga penilaian dengan guru memberikan waktu pada siswa untuk berdiskusi. Adapun langkah penerapan metode snowball trowing yaitu guru memberikan salam dan sapaan kepada siswa, kemudian menyampaikan tujuan pembelajaran, selanjutnya guru menjelaskan materi keberagaman pakaian adat dan tarian Indonesia kepada siswa, setelah itu guru memberikan pengarahan penerapan metode snowball throwing lalu siswa mempraktikkannya, setiap siswa membuat pertanyaan dalam selembar kertas yang dikepal berbentuk bola lalu dilemparkan kepada temannya, setelah itu guru menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan, lalu guru membentuk kelompok yang setiap kelompok membuat pertanyaan yang dikepal berbentuk bola yang kemudian dilempar antar kelompok yang lain, kemudian setiap kelompok mendiskusikan jawaban lalu mempresentasikannya di depan kelas. Kemudian guru memberikan kesimpulan atau evaluasi dan memberikan tugas di buku siswa terkait materi tersebut. Kedua, dalam implementasi metode snowball throwing juga terdapat aspek pendukung yaitu adanya sarana dan prasarana yang mencukupi, dukungan teman sejawat dan tenaga kependidikan, adanya dukungan penuh kepala sekolah.. Sedangkan aspek penghambatnya yaitu lingkungan yang tidak kondusif dan fasilitas belajar yang kurang lengkap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Snowball Throwing, Hasil Belajar, Pembelajaran PPKn | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2024 04:02 | ||||||
Last Modified: | 30 Sep 2024 04:02 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12153 |
Actions (login required)
View Item |