Desain Bisnis Science-Edupreneurship Berbasis Fashion sebagai Upaya Mengkomunikasikan Sains

Ni’mah, Riyadlotun (2023) Desain Bisnis Science-Edupreneurship Berbasis Fashion sebagai Upaya Mengkomunikasikan Sains. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (261kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam era modern ini sains dan teknologi memainkan peran yang sangat penting dalam masyarakat. Namun seringkali terjadi kesenjangan antara komunitas ilmiah dan masyarakat umum. Salah satu cara mengatasi kesenjangan ini adalah melalui penggunaan fashion sebagai alat untuk mengkomunikasikan sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis elemen model bisnis science-edupreneurship dengan pendekatan model bisnis canvas dan menghasilkan produk fashion yang dapat membantu dalam mengkomunikasikan sains. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembanagan (RnD) design thinking meliputi tahapan emphatize, define, idea, prototype dan testing, dengan model pengembangan PPE (Planning, Production, dan Evaluation). Data dikumpulkan melalui dua teknik sampel dari kategori nonprobability sampling yaitu teknik sampling purpose dan teknik sampling jenuh. Subjek uji coba terdiri dari 41 peserta umum yang hadir pada kegiatan workshop editing video dan softlaunching produk gemma. Hasil penelitian menunjukkan (1) 9 elemen bisnis model canvas pada desain bisnis science-edupreneurship meliputi customer segment, customer relationship, channels, value propotion, revenue stream, key activities, key resource, key partners, dan cost structrure. (2) produk yang dihasilkan berupa kaos dengan 6 desain konten sains yang memiiki tema energi meliputi fotosintesis, teori gravitasi, proton, energi potensial, sumber energi dan lemak baik. Respon uji pemahaman masing-masing desain memperoleh hasil sebesar 89,26%, 86,83%, 90,24%, 88,29%, 89,75%, dan 86,34%. Skor rata-rata pada uji pemahaman desain konten sains sebesar 88,45% dengan kategori “sangat layak”. Skor yang didapatkan dari hasil validasi ahli analisis kelayakan usaha sebesar 81,7%, ahli media sebesar 87,5%, dan ahli materi sebesar 83,67% dengan kategori “layak”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorImaduddin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Science-Edupreneurship, Bisnis model canvas, Fashion, Komunikasi Sains
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:42
Last Modified: 02 Oct 2024 04:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12182

Actions (login required)

View Item View Item