Pengembangan Paket Panduan Pembelajaran Inkuiri Pictorial Riddle Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Peserta Didik Jenjang SMP/MTs

Nuriyah, Sinta (2023) Pengembangan Paket Panduan Pembelajaran Inkuiri Pictorial Riddle Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Peserta Didik Jenjang SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (61kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran pada abad ke-21 merujuk pada empat karakter belajar yang disebut "4C" yaitu berpikir kritis, kreativitas, komunikasi dan kolaborasi. Bahan ajar yang digunakan di sekolah tidak terlepas denangan adanya buku, namun terbatas buku sebagai bahan ajar yang berorientasi pada pembelajaran pada abad ke-21 yaitu Berpikir Kritis. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk paket panduan pembelajaran bermuatan pictorial riddle pada materi klasifikasi makhluk hidup dan menganalisis kelayakan paket panduan pembelajaran bermuatan pictorial riddle pada materi klasifikasi makhluk hidup berorientasi berpikir kritis peserta didik SMP/MTs. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini menggunakan model 4D (Four D Model) yang disederhanakan menjadi 3D (Define, Design, and Develop). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian produk Paket Panduan Pembelajaran sebagai media pembelajaran siswa SMP/MTs topik Klasifikasi Makhluk Hidup adalah instrumen non-tes. pengumpulan data instrumen validasi skala Likert. Berdasarkan hasil pengembangan dan penelitian didapatkan produk berupa paket panduan pembelajaran dan hasil penilaian validasi ahli dengan persentase 93,7 %. Hasil uji coba produk dari respon peserta didik memperoleh persentase 91,47% , sedangkan hasil uji coba produk dari respon guru memperoleh persentase 88%. Secara umum Paket Panduan Pembelajaran yang telah dikembangkan memperoleh penilaian dengan kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorImaduddin, MuhamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Paket Panduan Pembelajaran, Pictorial Riddle, Klasifikasi Makhluk Hidup Berpikir Kritis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Oct 2024 07:15
Last Modified: 07 Oct 2024 07:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12221

Actions (login required)

View Item View Item