Abdillah, Muhammad Wafi (2023) Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Program Pembiasaan Dalam Membentuk Kepribadian Religius Pada Peserta Didik Di Mts Misbahul Ulum Trangkil Pati. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (769kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (382kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (782kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (581kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (905kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (448kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (558kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk 1) Menemukan dan mendeskripsikan secara mendalam proses pelaksanaan manajemen pendidikan karakter dalam membentuk kepribadian religius pada peserta didik di MTs Misbahul Ulum Trangkil Pati; 2) Untuk menemukan dan mendeskripsikan faktor pendukung, penghambat, serta solusi dalam proses manajemen pendidikan karakter dalam membentuk kepribadian religius pada peserta didik di MTs Misbahul Trangkil Pati Ulum. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan model fenomenoogis. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi, dan pengkajian dokumen. Uji keabsahannya menggunakan uji validitas dengan cara meningkatkan ketekunan, trianggulasi, bahan refrensi, member check. Tehnik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data (kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Manajemen pendidikan karakter melalui program pembiasaan dalam membentuk kepribadian religius pada peserta didik di MTs Misbahul Ulum dilaksanakan melalui beberapa langkah yaitu perencanaan atau perancangan, pengorganisasian atau pembagian tugas, pelaksanaan, pengawasan atau kontrol sementara, dan evaluasi. 2) Faktor pendukung manajemen pendidikan karakter religius di MTs Misbahul Ulum yaitu kepala sekolah yang mendukung dan terbuka terhadap masukan, guru yang kompeten, kurikulum yang fleksibel, dan lainnya. Sedangkam penghambatnya diantaranya SDM siswa dan orang tuanya yang berlatar belakang berbeda-beda, dalam pelaksanaan pendidikan tersebut membutuhkan waktu yang lumayan lama, dan lainnya. Dan Solusi dari penghambat tersebut yaitu Melakukan kegiatan parenting atau pertemuan dengan walimurid untuk menyatukan visi, Melakukan manajemen waktu secara lebih maksimal, Melakukan evaluasi dan penilaian terhadap kegiatan dengan pertimbangan efektivitas dan efisiensi.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pendidikan karakter, pembiasaan, kepribadian religius | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 09 Oct 2024 07:19 | |||||||||
Last Modified: | 09 Oct 2024 07:19 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12272 |
Actions (login required)
View Item |