Inayati, Fahrida (2023) Potensi dan Strategi Pengembangan Wisata Syariah Hotel Graha Muria di Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (78kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (162kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (371kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (102kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (178kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (73kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah studi kasus, yang bertujuan untuk mengetahui potensi dan strategi pengembangan wisata syariah Hotel Graha Muria di Kabupaten Kudus. Potensi dan strategi sebagai rencana komprehensif untuk mencapai tujuan organisasi. Tidak hanya sekedar mencapai, tapi strategi dimaksudkan untuk mempertahankan kelangsungan organisasi dimana organisasi tersebut berjalan. Hotel syariah sendiri saat ini sudah mulai berkembang di beberapa daerah. Hotel dengan syariah tidak hanya bermodalkan label syariah saja, tetapi harus memiliki kejelasan baik dari spesifikasi maupun kriterianya. Hotel Graha Muria dikatakan sebagai hotel syariah karena didalamnya tidak memproduksi, menyediakan, atau menawarkan produk yang dilarang dalam syariah atau ketentuan Islam. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif yang berusaha menguak sesuatu, dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Subjek penelitian ini adalah Manager Hotel, Karyawan Hotel, dan 2 Pengunjung Hotel Graha Muria. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dan dianalisis, hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, potensi wisata Hotel Graha Muria di Kabupaten Kudus meliputi potensi wisata alam (dikelilingi oleh pegunungan Muria, hamparan hutan, dan lahan perkebunan kopi yang menjadi daya tarik masyarakat atau pengunjung) potensi wisata kebudayaan (terdapat bangunan pesanggrahan peninggalan waliyullah Sunan Muria), dan potensi wisata buatan manusia (pementasan dan pertunjukan seni tari daerah yang meliputi tari kretek dan drama teater). Kedua, stategi pengembangan wisata Hotel Graha Muria menerapkan strategi umum yakni kepemimpinan biaya rendah, strategi diferensiasi, dan strategi fokus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Potensi Wisata, Strategi Pengembangan Wisata, Persepektif Syariah | ||||||
Subjects: | Geografi dan sejarah > Kepariwisataan | ||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Oct 2024 07:31 | ||||||
Last Modified: | 09 Oct 2024 07:31 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12274 |
Actions (login required)
View Item |