Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis E-Learning dalam Pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus

Qodriyah, Laili (2023) Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis E-Learning dalam Pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (979kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (308kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (679kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (415kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (686kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (326kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan media pembelajaran interaktif berbasis E-Learning dalam pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan media pembelajaran interaktif berbasis E-Learning dalam pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif dengan menggunakan paradigma naturalistik. Lokasi penelitian di MI NU TBS Kudus sebagai sumber data untuk mendapatkan potret penerapan media pembelajaran interaktif berbasis E-Learning dalam pendidikan Islam. Data tersebut diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media pembelajaran interaktif berbasis E-Learning dalam pendidikan Islam di MTs NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus melalui tahap-tahap berikut: a) Guru memberitahukan kepada siswa tentang pokok bahasan yang akan dipelajari menggunakan E-Learning. b) Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. c) Guru menentukan tema dan memberikan penjelasan sebagai gambaran awal pengetahuan siswa. d) Guru menentukan tema pada materi pelajaran berupa permasalahan dan diberikan kepada siswa untuk dibahas dan dipecahkan bersama. e) Guru menyuruh siswa untuk memaparkan dan menjabarkan dengan detail atas hasil bahasan untuk dikemukakan. f) Guru memberikan pengarahan materi dengan penerapan media berbasis E-Learning agar masing-masing siswa menguasai materi. 2) Faktor pendukung penerapan media pembelajaran interaktif berbasis E-Learning dalam pembelajaran pendidikan Islam ini, khususnya dalam upaya peningkatan penguasaan materi siswa di MTs NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus yaitu adanya perencanaan pembelajaran oleh guru, guru berperan sebagai fasilitator, moderator, organisator dan mediator untuk memperlencar pembelajaran, keterlibatan dan keaktifan siswa, sarana dan fasilitas seperti perpustakaan sebagai wahana siswa untuk memperkaya informasi-informasi yang dapat diambil yang kemudian dijadikan sebagai bahan rujukan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu adanya input dan karakteristik siswa yang berasal dari latar belakang yang berbeda baik dari kecerdasan, pengetahuan, tingkat ekonomi maupun status sosialnya, dikarenakan guru harus berusaha lebih maksimal untuk menempatkan dan membagi siswa yang mempunyai tingkat kecerdasan yang berbeda. Kemudian keadaan sosio-kultural atau dengan kata lain budaya sosial di madrasah yaitu budaya takut pada siswa untuk bertanya atau mengungkapkan pendapat secara langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRaida, Sulasfiana AlfiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran interaktif, E-Learning, Pendidikan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > E-Learning, Pembelajaran Elektronik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Oct 2024 04:05
Last Modified: 10 Oct 2024 04:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12327

Actions (login required)

View Item View Item