Nurshofiah, Yulia Farikha (2023) Implementasi Pembelajaran Tematik pada Peserta Didik Kelas III B di MI Al Asy’ari Kuniran Batangan Pati Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (531kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (464kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (824kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (901kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (494kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (881kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (610kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (523kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Tematik Pada Peserta Didik Kelas III B Di MI Al Asy’ari Kuniran Batangan Pati Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sesuai objek kajian maka peneliti ini adalah penelitian lapangan. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, sumber data penelitian adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, WAKA Kurikulum, Wali Kelas III B, dan peserta didik kelas III B di MI Al Asy’ari Kuniran. Sumber data sekunder diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumdentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk menguji analisis data menggunakan tringulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) implementasi pembelajaran tematik di kelas III B MI AL Asy’ari Kuniran Batangan Pati tahun ajaran 2022/2023 (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran tematik pada kelas III B di MI AL Asy’ari Kuniran Pati tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian terkait implementasi pembelajaran tematik di kelas III B MI AL Asy’ari Kuniran Batangan Pati sudah baik, hal ini dapat dilihat dari bagaimana cara guru dalam penerapan pembelajaran tematik dilihat dari pelaksanaanya yang menggunakan RPP sebagai acuan dalam setiap pembelajaran, selain itu dengan menggunakan metode serta media yang tepat sesuai materi yang diajarkan agar tujuan pembelajaran tercapai. Selain itu juga melalui peran aktif dari kepala madrasah dan guru yang senantiasa berusaha semaksimal mungkin dalam implementasi pembelajaran tematik agar berjalan dengan baik, penilaian secara autentik. Terdapat juga faktor pendukung diantaranya kepemimpinan kepala sekolah, kreativitas guru dalam mengajar, fasilitas dan sumber belajar. Faktor penghambat diantaranya guru, orang tua dan peserta didik, dan Yayasan (Institusi) dalam implementasi pembelajaran tematik pada kelas III B di MI Al Asy’ari Kuniran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi pembelajaran, Pembelajaran Tematik, Faktor Pendukung dan Penghambat | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 18 Oct 2024 02:26 | ||||||
Last Modified: | 18 Oct 2024 02:26 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12366 |
Actions (login required)
View Item |