Bimbingan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Perspektif Konseling Keluarga (Studi Kasus di Kudus)

Ma'rifah, Aulia Fitri (2023) Bimbingan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Perspektif Konseling Keluarga (Studi Kasus di Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (138kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) bimbingan yang diterapkan orang tua dalam pembentukan karakter anak, (2) strategi yang digunakan orang tua dalam menunjang pembentukan karakter anak secara lebih baik, (3) hambatan-hambatan yang dialami orang tua dalam membimbing anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) serta menggunakan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan untuk menghasilkan hasil analisis penelitian tentang Bimbingan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Perspektif Konseling Keluarga. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama, ada beberapa macam bimbingan yang diterapkan para orang tua untuk membentuk karakter anak yaitu membimbing dan membekali anak dengan pendidikan agama sejak dini, membimbing anak tentang etika dalam bersosialisasi, bimbingan untuk mengasihi sesama, memotivasi anak untuk belajar, dan membantu anak ketika anak mengalami kesulitan. Kedua, terdapat berbagai strategi yang diterapkan orang tua dalam menunjang pembentukan karakter anak yaitu tegas menegur dan memberikan contoh langsung kepada anak ketika anak melakukan kesalahan, menanamkan kejujuran, tanggung jawab, menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah, menanamkan kedisiplinan, menjaga hubungan yang baik dengan anak, serta meluangkan waktu bersama anak (quality time). Ketiga, hambatan-hambatan dalam membimbing anak di Dukuh Grogol Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus yaitu kebanyakan orang tua bekerja di pabrik, baik salah satu dari orang tua atau bahkan keduanya sehingga tidak mempunyai banyak waktu bersama anak, anak malas untuk melakukan suatu kegiatan, anak yang tantrum, anak ngeyel ketika dinasehati, dan anak yang pemarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIstianah, IstianahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orang Tua, Karakter, Anak, Konseling Keluarga.
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:21
Last Modified: 21 Oct 2024 04:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12383

Actions (login required)

View Item View Item