Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika Kelas V Di SDN Kebondalem Mojosari Mojokerto Tahun Ajaran 2022/2023

Alvyana, Dwi Pangesrtuti (2023) Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika Kelas V Di SDN Kebondalem Mojosari Mojokerto Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (118kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendiskripsikan peranan orang tua dalam membimbing belajar Matematika kelas V di SDN Kebondalem Mojosari Mojokerto, 2) Mendiskripsikan faktor yang mendukung peran orang tua dalam melakukan pembimbingan belajar Matematika kelas V di SDN Kebondalem Mojosari Mojokerto, 3) Mendiskripsikan faktor yang menghambat peran orang tua dalam melakukan pembimbingan belajar Matematika kelas V di SDN Kebondalem Mojosari Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( field research) bersifat kualitatif dimana peneliti studi langsung ke lapangan untuk mendapatkan data yang mendalam. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan studi kasus dimana peneliti menggali data secara rinci dan mendalam. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis secara deskripsi kualitatif yaitu dengan mengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penlitian menunjukkan bahwa:1) Peranan orang tua dalam membimbing anak belajar, orang tua yang berperan sebagai pendidik, orang tua yang berperan sebagai pelindung, orang tua yang berperan sebagai motivator untuk anaknya, orang tua yang berperan sebagai fasilitator.2) faktor pendukung peran orang tua dalam membimbing anak yaitu, adanya kesadaran dari orang tua, adanya suasana keluarga yang harmonis, adanya kepedulian antara anggota keluarga dalam memberikan dukungan dan bantuan dalam kegiatan belajar, adanya kepedulian orang tua dalam menyediakan tempat belajar yang nyaman bagi anak, orang tua menyediakan sarana dan prasarana pendidikan, tenaga pendidik yang professional dan kompeten dalam bidangnya.3) faktor penghambat peran orang tua dalam membimbing anak belajar pendidikan orang tua yang masih terbatas sehingga mengurangi tingkat perhatian orang tua terhadap pendidikan anaknya sampai selesai, terbatasnya kemampuan biaya orang tua yang tidak bisa memenuhi kebutuhan anaknya, kurangnya kesempatan bagi siswa dalam mengembangkan kemampuan, selain itu hiburan dari media cetak maupun elektronik yang mengganggu kegiatan belajar anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusilowati, RetnoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Membimbing anak belajar, Hasil belajar
Subjects: Filsafat dan Psikologi > Psikologi > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Oct 2024 07:39
Last Modified: 28 Oct 2024 07:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12440

Actions (login required)

View Item View Item