Hidayah, Salisatul (2023) Peran Bimbingan Orang Tua Dalam Mengajarkan Ibadah Shalat Pada Anak Usia Dini Di Desa Krasak Kabupaten Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (326kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (437kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (509kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (304kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (513kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (267kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam membimbing dan mengajarkan ibadah shalat pada anak usia dini di Desa Krasak Kabupaten Jepara; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat bagi orang tua dalam mengajarkan ibadah shalat pada anak usia dini di Desa Krasak Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan jenis penelitian kualitatif, data yang diperoleh melalui field research (penelitian lapangan). Teknik pengambilan sampel mengunakan teknik probability sampling dengan jenis cluster/random sampling. Subyek dari penelitian ini Subyek dalam penelitian ini adalah orang tua di Desa Krasak, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara tentang bagaimana peran orang tua dalam mengajarkan shalat pada anak usia dini. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi di Desa Krasak Kabupaten Jepara dan anak. Peneliti menggunakan analisis data dengan tahapan reduksi data, tahapan penyajian data, kemudian tahapan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kondisi peran orang tua dalam mengajarkan ibadah shalat berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran orang tua dalam mengajarkan ibadah shalat pada anak dengan menggunakan metode bercerita serta mengunakan instrumen lagu sekaligus memberikan contoh gerakan sudah cukup baik karena sesuai dengan konsep belajar anak usia dini yaitu yang memiliki unsur pembelajaran yang terdiri dari peserta didik, tenaga pendidik, motivasi/stimulus, bahan belajar, alat bantu belajar, serta suasana dan kondisi belajar yang dapat mendukung kelancaran pembelajaran. (2) Terdapat faktor eksternal dan internal yang mendukung seperti peran orang tua dalam memberi pengertian, memberi contoh, dan membiasakan anak untuk shalat berjamaah. (3) Hasil yang didapat dalam penelitian disampaikan sebagaimana upaya yang telah dilakukan dalam mengajarkan shalat pada anak usia dini layak untuk senantiasa dipertahankan dan terus dikembangkan dan kendala yang dihadapi dalam upaya mengajarkan shalat pada anak usia dini dapat diminimalisir dengan menerapakn metode-metode belajar yang unik dan menarik sesuai dengan pola pikir anak dan perkembangan zaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran, Bimbingan Orang Tua, Ibadah Shalat, Anak Usia Dini | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 04:16 | ||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 04:16 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12501 |
Actions (login required)
View Item |