Rhahmawati, Syelfia (2023) Implementasi Pembelajaran Muatan Lokal Qur'an Tajwid menggunakan Kitab Ḥilyah al-Tilāwah pada Siswa Kelas Tahfidz di MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (396kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (414kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (508kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (827kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (359kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (505kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (334kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (338kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang bertujuan: 1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran qur'an tajwid menggunakan kitab Ḥilyah al-Tilāwah pada siswa kelas tahfidz di MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran qur'an tajwid menggunakan kitab Ḥilyah al-Tilāwah pada siswa kelas tahfidz di MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan metode-metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru mata pelajaran muatan lokal qur'an tajwid, dan siswa kelas tahfidz di MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus. Data-data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, bahan referensi, analisis kasus negatif, dan member check. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi, penelitian ini berhasil memperoleh dua temuan, yaitu: 1) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan guru dan siswa membaca Al-Qur'an bersama, kemudian guru membaca kitab Ḥilyah al-Tilāwah dan diikuti oleh siswa, setelah itu guru memberikan contoh kongkrit, menuliskan poin-poin utama di papan tulis, dan evaluasi dengan memberikan pertanyaan lisan atau tertulis kepada siswa. 2) Faktor pendukung pembelajaran ini adalah profesionalisme pendidik, minat dan kemampuan intelektual siswa, serta lingkungan yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang adanya sarana dan prasarana yang mendukung, ketidakhadiran guru, dan latar belakang pendidikan anak yang berbeda-beda
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Muatan Lokal, Qur'an Tajwid, Kitab Ḥilyah al-Tilāwah | ||||||
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an > Ilmu Qiraat > Tajwid | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 02:43 | ||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 02:43 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12518 |
Actions (login required)
View Item |