Rokhman, Muhammad Ainur (2023) Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi (Studi Kasus Di MA NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (764kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (327kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (272kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (354kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (514kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (367kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (542kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (278kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) |
Abstract
Kepala madrasah sebagai supervisor harus mampu membimbing guru secara efektif, dapat menanamkan kepercayaan, merangsang dan membimbing penelitian profesional, dan bekerja sama dengan upaya, mereka dapat membuktikan bahwa mereka mampu membantu guru memecahkan masalah yang mereka hadapi dan dapat melakukan penelitian dan profesional. pengembangan untuk meningkatkan kualitas pengajaran pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen kepala madrasah pada saat pandemi untuk meningkatkan kualitas kinerja guru PAI di MA Ibtidaul Falah Dawe Kudus, 2) Untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat peran manajemen kepala madrasah pada saat pandemi dalam meningkatkan kualitas guru PAI di MA Ibtidaul Falah Dawe Kudus, 3) Untuk mengetahui bagaimana hasil pelaksanaan kepala madrasah pada saat pandemi untuk meningkatkan kualitas kinerja guru PAI di MA Ibtidaul Falah Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara kepada beberapa narasumber, observasi serta dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di MA NU Ibtidaul Falah dengan analisis mengguanakan reduksi data, penyajian data dan verification (penarik kesimpulan). Hasil penelitan dan pemaparan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa: 1) Pelaksanaan perencanaan kepala madrasah pada saat pandemi untuk meningkatkan kualitas kinerja guru dengan melakukan pengawasan, motivasi serta melakukan sosialisasi dengan memberikan pelatihan maupun seminar kepada guru yang diharapkan dapat memberikan wawasan dan jawaban terkait pembelajaran pada saat pandemi. 2) Adapun faktor pendukung perencanaan kepala madrasah pada saat pandemi dalam meningkatkan kualitas guru, yaitu: Pemberian pelatihan dan seminar kepada guru, memfasilitasi internet/wifi pada saat pembelajaran yang berbasis daring, sertaPengawasan dan pemberian motivasi kepada guru. Terdapat juga faktor penghambat antara lain: Penyampaian materi yang kurang maksimal saat pembelajaran berbasis daring, penguasaan guru terhadap penggunaan media online. 3) Hasil pelaksanaan kepala madrasah pada saat pandemi untuk meningkatkan kualitas kinerja guru adalah kepala sekolah sudah melakukan tugas semaksimal mungkin dengan memberikan pelatihan-pelatihan dan seminar kepada guru pengajar. Serta melakukan rapat bulanan dengan tujuan mencari dan memecahkan permasalahan apa yang dialami guru ketika proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah, Kualitas Kinerja Guru | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Proses Sosial > Leadership/Kepemimpinan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 08:05 | ||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 08:05 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12534 |
Actions (login required)
View Item |