Fauzi, Muhammad Syafi’ul Musyafa’il (2023) Implementasi Pembelajaran Daring dalam Pembentukan Karakter Sopan Santun pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Riyodlotussubban Bonang Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (570kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (557kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (752kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (898kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (404kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (566kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (368kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (485kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran daring dalam pembentukan karakter sopan santun siswa pada mata pelajaran aqidah ahklaq di MI Riyodlotussubban Bonang Demak. Untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring dalam pembentukan karakter so pan santun siswa pada mata pelajaran aqidah ahklaq di MI Riyodlotussubban Bonang Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), adalah penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, data display dan conclusion drawing/verivication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan pembelajaran daring dalam pembentukan karakter sopan santun siswa pada mata pelajaran Aqidah Ahklaq di MI Riyodlotussubban Bonang Demak dengan guru menyiapkan bahan ajar/Panduan Rencana Pembelajaran (RPP) daring. Dimana dalam penyusunan RPP guru membuat pembukaan pembelajaran daring dengan mengucapkan salam kepada semua siswa sebagai bentuk penerapan karakter sopan santun. Penerapan pembelajaran daring dalam pembentukan karakter sopan santun siswa pada mata pelajaran Aqidah Ahklaq di MI Riyodlotussubban Bonang Demak yaitu guru membuka kelas pembelajaran daring dengan salam. Guru menyampaikan materi menggunakan pembelajaran daring secara terstruktur pada WhatsApp Group yang dikombinasikan dengan aplikasi Zoom, dengan media pemutaran video serta penayangan PowerPoint (PPT). Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik apabila ada materi yang belum dipahami, dengan mengirimkan bentuk tangan kepada gurunya sebagai bentuk ingin bertanya. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru menekankan kepada siswa agar tetap standby di grup WhatsApp dan meminta izin jika akan melakukan kegiatan lagi. Guru juga mengajarkan kepada siswa pada saat pembelajaran untuk membalas pembelajaran dari guru dengan tutur kata yang sopan dan menggunakan Bahasa yang santun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring, Karakter Sopan Santun, Mata Pelajaran Aqidah Ahklaq. | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > E-Learning, Pembelajaran Elektronik |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Nov 2024 03:17 | ||||||
Last Modified: | 13 Nov 2024 03:17 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12567 |
Actions (login required)
View Item |