Implementasi Pembelajaran Daring dalam Pembentukan Karakter Sopan Santun pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Riyodlotussubban Bonang Demak

Fauzi, Muhammad Syafi’ul Musyafa’il (2023) Implementasi Pembelajaran Daring dalam Pembentukan Karakter Sopan Santun pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Riyodlotussubban Bonang Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (570kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (557kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (752kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (898kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (566kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (368kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (485kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran daring dalam pembentukan karakter sopan santun siswa pada mata pelajaran aqidah ahklaq di MI Riyodlotussubban Bonang Demak. Untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring dalam pembentukan karakter so pan santun siswa pada mata pelajaran aqidah ahklaq di MI Riyodlotussubban Bonang Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), adalah penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, data display dan conclusion drawing/verivication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan pembelajaran daring dalam pembentukan karakter sopan santun siswa pada mata pelajaran Aqidah Ahklaq di MI Riyodlotussubban Bonang Demak dengan guru menyiapkan bahan ajar/Panduan Rencana Pembelajaran (RPP) daring. Dimana dalam penyusunan RPP guru membuat pembukaan pembelajaran daring dengan mengucapkan salam kepada semua siswa sebagai bentuk penerapan karakter sopan santun. Penerapan pembelajaran daring dalam pembentukan karakter sopan santun siswa pada mata pelajaran Aqidah Ahklaq di MI Riyodlotussubban Bonang Demak yaitu guru membuka kelas pembelajaran daring dengan salam. Guru menyampaikan materi menggunakan pembelajaran daring secara terstruktur pada WhatsApp Group yang dikombinasikan dengan aplikasi Zoom, dengan media pemutaran video serta penayangan PowerPoint (PPT). Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik apabila ada materi yang belum dipahami, dengan mengirimkan bentuk tangan kepada gurunya sebagai bentuk ingin bertanya. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru menekankan kepada siswa agar tetap standby di grup WhatsApp dan meminta izin jika akan melakukan kegiatan lagi. Guru juga mengajarkan kepada siswa pada saat pembelajaran untuk membalas pembelajaran dari guru dengan tutur kata yang sopan dan menggunakan Bahasa yang santun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubarok, HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Karakter Sopan Santun, Mata Pelajaran Aqidah Ahklaq.
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > E-Learning, Pembelajaran Elektronik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Nov 2024 03:17
Last Modified: 13 Nov 2024 03:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12567

Actions (login required)

View Item View Item