Dampak Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mate Pelajaran Fiqih di MA NU Raden Umar Sa”id Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus

Al Amin, M. Rizal (2023) Dampak Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mate Pelajaran Fiqih di MA NU Raden Umar Sa”id Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (536kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (573kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (702kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (500kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (806kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (456kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (543kB)

Abstract

Pembelajaran jarak jauh merupakan Istilah yang sudah lama ada di Indonesia dan sekarang dikalangan masyarakat dikenal dengan istilah pembelajaran online (online learning) atau Pembelajaran Daring. Pembelajaran daring yang di laksanakan akan memberikan dampak terhadap prestasi hasil belajar siswa. Pembelajaran merupakan suatu system yang kompleks yang keberhasilannya dapat dilihat dari dua aspek yaitu aspek produk dan aspek proses. Penelitian ini bertujuan bahwa peneliti ingin menganalisi proses pembalajaran daring padamata pelajaran fiqih, mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dan ampak dari pembelajaran daring dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MA NU Raden Umar Said. Metodologi yang di pakai dalam penulisan ini adalah dengan menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan observasi,wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian yang diambil yaitu di MA NU Raden Umar Sa’id colo dimana Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Penerapan pembelajaran secara daring terkhusus pada mata pelajaran fiqih memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri terlebih lagi dalam hal praktek muamalah nya tidak efektif apabila dilaksanakan secara daring karena susah untuk memantaunya. Sejalan dengan pendapat dari kepala sekolah diatas dapat kita ketahui bahwa 2) pelaksanaan pembelajaran daring khususnya pada mata pelajaran fiqih memiliki dampak tersendiri dalam pelaksanaannya, guru pengampu mata pelajaran dipaksa harus mampu memberikan pembelajarannya melalui platform media yang sudah bisa mendukung diadakannya pembelajaran secara daring seperti melalui whatsapp, google form, ataupun aplikasi sejenis yang mendukung proses pembelajaran secara daring. 3) hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru mata pelajaran dalam memberikan inovasi pembelajarannya melalui teknologi yang ada sehingga menjadi kelebihan tersendiri apabila guru mata pelajaran mampu melakukannya dengan baik dengan bantuan media yang ada

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasrukhin, MasrukhinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Prestasi, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > E-Learning, Pembelajaran Elektronik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Nov 2024 02:45
Last Modified: 21 Nov 2024 02:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12667

Actions (login required)

View Item View Item