Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual terhadap Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran Fikih di MTs Darul Istiqomah Welahan Jepara

Sadhili, Sa’ad Khasan (2023) Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual terhadap Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran Fikih di MTs Darul Istiqomah Welahan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (284kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (440kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (477kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (725kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana Pemanfaatan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTs Darul Istiqomah Welahan Jepara. 2) Untuk Mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTs Darul Istiqomah Welahan Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di Mts Darul Istiqomah Welahan Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Istiqomah sejumlah 48, dengan sampel adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi. Adapun hasil penelitian ini adalah Pemanfaatan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTs Darul Istiqomah Welahan Jepara yaitu sebesar 77.71 dari media audio visual kelas eksperimen “baik” karena masuk dalam interval 74-79. Hasil pemahaman siswa kelas eksperimen sebesar 80.21, sehingga hasil pemahaman dapat dikatakan “baik” karena masuk dalam interval 78-86 dan hasil pemahaman siswa kelas kontrol sebesar 69.58, sehingga hasil pemahaman siswa dikatakan “cukup baik” karena dalam interval 64-72. Dari perhitung t hitung menggunakan rumus t-test separated varian sebesar 4.879 dengan taraf kesalahan sebesar 5% dengan jumlah sampel sebanyak 48 responden, sehingga t tabel sebesar 1.678. berdasarkan hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa t hitung = 4.879 > 1.678, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, berarti “ada” atau “terdapat” pengaruh pemanfaatan media audio visual terhadap pemahaman siswa dalam mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs Darul Istiqomah Welahan Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhoeroni, FaridUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Pemahaman Siswa
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Dec 2024 07:10
Last Modified: 02 Dec 2024 07:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12788

Actions (login required)

View Item View Item