Implementasi Kurikulum Tahfidz Studi Analisis Komparasi Pada Boarding School Asy-Syafi’iyyah MTsN 1 Kudus dan Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus

Tamami, Ahmad (2023) Implementasi Kurikulum Tahfidz Studi Analisis Komparasi Pada Boarding School Asy-Syafi’iyyah MTsN 1 Kudus dan Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover s.d Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.docx

Download (141kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (644kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (634kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (475kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan kurikulum tahfidz; 2) pelaksanaan kurikulum tahfidz; dan 3) evaluasi kurikulum tahfidz di Boarding School Asy-Syafi’iyyah MTsN 1 Kudus dan Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini meliputi: pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) perencanaan kurikulum tahfidz di Boarding School Asy-Syafi’iyyah MTsN 1 Kudus dan Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus sebagai berikut: a) Terlaksananya pembelajaran Qur`an setiap hari; b) Terlaksananya kegiatan keagamaan; c) Terlaksananya kegiatan kebahasaan; d) Terlaksananya kegiatan unggulan; e) Terlaksananya kegiatan extra kurikuler untuk menunjang mengembangkan bakat dan minat santri; dan f) Terlaksananya kegiatan pengamalan dan pembiasaan akhlakul karimah dalam keseharian. 2) Pada tahap pelaksanaan, baik Boarding School Asy-Syafi’iyyah MTsN 1 Kudus maupun pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus sama-sama menggunakan integrated cuurculum yaitu menggabungkan antara kurikulum boarding/pondok dengan kurikulum madrasah. 3) Evaluasi/ penilaian yang dilakukan oleh boarding School As-Syafi’iyyah dan Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an adalah penilaian harian/formatif dan penilaian akhir semester/sumatif. Evaluasi/penilaian formatif dilakukan oleh guru yang sifatnya menyesuaikan dengan hafalan harian yang sudah didapatkan. Sedangkan penilaian sumatif dilakukan dua samapai empat kali dalam satu semester

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKisbiyanto, KisbiyantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Tahfidz, Boarding School, Pondok Tahfidz
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > PAI
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2024 02:57
Last Modified: 03 Dec 2024 02:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12803

Actions (login required)

View Item View Item