Tamami, Ahmad (2023) Implementasi Kurikulum Tahfidz Studi Analisis Komparasi Pada Boarding School Asy-Syafi’iyyah MTsN 1 Kudus dan Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover s.d Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.docx Download (141kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (644kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (604kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (634kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (338kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (475kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (409kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan kurikulum tahfidz; 2) pelaksanaan kurikulum tahfidz; dan 3) evaluasi kurikulum tahfidz di Boarding School Asy-Syafi’iyyah MTsN 1 Kudus dan Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini meliputi: pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) perencanaan kurikulum tahfidz di Boarding School Asy-Syafi’iyyah MTsN 1 Kudus dan Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus sebagai berikut: a) Terlaksananya pembelajaran Qur`an setiap hari; b) Terlaksananya kegiatan keagamaan; c) Terlaksananya kegiatan kebahasaan; d) Terlaksananya kegiatan unggulan; e) Terlaksananya kegiatan extra kurikuler untuk menunjang mengembangkan bakat dan minat santri; dan f) Terlaksananya kegiatan pengamalan dan pembiasaan akhlakul karimah dalam keseharian. 2) Pada tahap pelaksanaan, baik Boarding School Asy-Syafi’iyyah MTsN 1 Kudus maupun pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus sama-sama menggunakan integrated cuurculum yaitu menggabungkan antara kurikulum boarding/pondok dengan kurikulum madrasah. 3) Evaluasi/ penilaian yang dilakukan oleh boarding School As-Syafi’iyyah dan Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an adalah penilaian harian/formatif dan penilaian akhir semester/sumatif. Evaluasi/penilaian formatif dilakukan oleh guru yang sifatnya menyesuaikan dengan hafalan harian yang sudah didapatkan. Sedangkan penilaian sumatif dilakukan dua samapai empat kali dalam satu semester
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Tahfidz, Boarding School, Pondok Tahfidz | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > PAI | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 03 Dec 2024 02:57 | ||||||
Last Modified: | 03 Dec 2024 02:57 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12803 |
Actions (login required)
View Item |