Alawiyah, Robbiatul (2023) Nilai-nilai pendidikan islam dalam Film Animasi Series Rarra dan Relevansinya terhadap Materi Pembelajaran PAI di Tingkat Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (135kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (258kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (258kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (382kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (163kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (188kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan islam dalam film animasi series Rarra dan relevansi nya terhadap materi pembelajaran pendidikan agama Islam di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini disusun menggunakan metode library reseach (studi kepustakaan) dengan pendekatan interpretatif yang bersifat deskriptif, menekankan hasil pemahaman dan penalaran, dan disajikan dalam bentuk uraian naratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan pengamatan. Data yang telah diperoleh kemudian dianalis menggunakan teknik analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Terdapat dua belas nilai-nilai pendidikan islam dari empat episode yang menjadi fokus penelitian, meliputi: Iman Kepada Allah, Iman Kepada Rasul, Ikhlas, Jujur, Sabar, Syukur, Ta’awun, Sopan Santun, Memberikan Hadiah, Kasih Sayang, Berdo’a, dan Akhlak Terhadap Lingkungan. Dari dua belas nilai tersebut dapat diringkas menjadi empat bahasan utama sesuai cakupan keilmuan materi pembelajaran PAI di tingkat sekolah dasar yang relevan dengan film animasi series Rarra, yaitu: Akidah, Akhlak, Fikih, dan Al-Qur’an Hadis. 2) Nilai-nilai pendidikan islam yang terdapat dalam film animasi series Rarra khususnya pada episode yang menjadi fokus penelitian, mempunyai relevansi dengan materi pembelajaran pendidikan agama Islam di tingkat sekolah dasar. Hal ini ditunjukkan melalui kesesuaian antara poin-poin dari nilai-nilai pendidikan islam dalam film animasi series Rarra tersebut dengan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) pendidikan agama Islam pada tingkat sekolah dasar kurikulum 2013 edisi Revisi 2017 sesuai Permendikbud no. 37 tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan no. 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Selain itu, juga memiliki relevansi dengan kompetensi pembelajaran abad ke-21, yaitu : berpikir kritis (critical thinking), kreativitas (creativity), komunikasi (communication), dan kolaborasi (collaboration).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Film Animasi Series Rarra, Materi PAI SD | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 03 Dec 2024 07:06 | ||||||
Last Modified: | 03 Dec 2024 07:06 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12810 |
Actions (login required)
View Item |