Nabila, Sintya Ummu (2023) Implementasi Bimbingan Kelompok dengan Metode Bermain Ular Naga dalam Peningkatan Interaksi Sosial Anak Autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (141kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bimbingan kelompok dengan menggunakan metode bermain ular naga dalam peningkatan interaksi sosial yang diberikan kepada anak autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus, untuk mengetahui hasil dari implementasi bimbingan kelompok dengan metode bermain ular naga dalam peningkatan interaksi soaial yang diberikan kepada anak autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari implementasi bimbingan kelompok dengan metode bermain ular naga dalam peningkatan interaksi sosial anak autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus Jenis penelitian yaitu jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Setting penelitian ini dilaksankan di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah di Pedawang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Subjek penelitian ini adalah ketua bagian pembelajaran, tutor dan shadow (penjaga). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber, triangulasi waktu, triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, data display atau penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu 1) Implementasi bimbingan kelompok dengan metode bermain ular naga dalam peningkatan interaksi sosial anak autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus dilakukan dengan empat tahapan yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap inti dan tahap pengakhiran. 2) Hasil implementasi bimbingan kelompok dengan metode bermain ular naga dalam peningkatan interaksi sosial anak autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyah Kudus yaitu meningkatnya komunikasi, sosialisasi, kepekaan terhadap orang lain dan mengendalikan emosi. 3) Faktor pendukung implementasi bimbingan kelompok dengan metode bermain ular naga dalam peningkatan interaksi sosial anak autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus ini yaitu antusias dan semangat anak autis, saling kerjasama, mendukung dan membantu satu sama lain, tutor dan anak-anak autis berperan aktif, tenaga ahli yang professional dan kompeten. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu anak autis memiliki perasaan sensitif, pemahaman dari anak autis yang masih kurang, emosi yang tidak stabil, tenaga ahli yang masih minim terutama shadow. Hasil yang didapatkan dalam implementasi bimbingan kelompok dengan metode bermain dapat meningkatkan interaksi sosial anak autis di Pondok Al-Achsaniyyah Kudus walaupun tetap masih bertahap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Metode Bermain Ular Naga, Interaksi Sosial, Anak Autis | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 10 Dec 2024 08:19 | ||||||
Last Modified: | 10 Dec 2024 08:19 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12861 |
Actions (login required)
View Item |