Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Masa Pandemi Covid-19 di MA Maslakul Ulum Trangkil Pati

Umar, Ahmad Jauhari (2023) Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadist Masa Pandemi Covid-19 di MA Maslakul Ulum Trangkil Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (963kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (633kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran daring di Indonesia khususnya dan di seluruh dunia umumnya secara total mulai di laksanakan pada tahun 2020. Pembelajaran daring ini akan memberikan dampak terhadap respon belajar siswa baik positif maupun negatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon kognitif, respon afektif dan respon konatif siswa terhadap pembelajaran dalam jaringan di MA Maslakul Ulum Trangkil. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatakan Studi Lapangan (field research). Sumber data primer bersumber dari informan kunci, yaitu: siswa-siswi di MA Maslakul Ulum Trangkil Pati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini: (1) wawancara (interview); (2) observasi; dan (3) dokumentasi. Uji keabsahan data melalui triangulasi sumber, triangulai teknik, dan triangulasi waktu. Teknik análisis data yang meliputi: (1) Reduksi Data; (2) Penyajian Data,dan (3) Verifikasi. Uji kredibilitas data meliputi: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Respons kognitif siswa terhadap pembelajaran daring di MA Maslakul Ulum Trangkil Pati yaitu siswa mengartikan Pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh atau Pembelajaran online adalah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan tanpa tatap muka yang di laksanakan dengan menggunakan media pembelajaran online sesuai dengan peraturan yang ditetapkan sekolah seperti: aplikasi whatsap group. 2) Respons afektif siswa terhadap pembelajaran daring di MA Maslakul Ulum Trangkil Pati yaitu sebagian siswa ada yang merasa tidak keberatan, sebagian siswa sebagian siswa ada yang masih bingung, tapi sikap yang di lakukan oleh siswa beruasaha menyesuaikan tempat dan waktu ketika berjalannya pembelajaran daring di laksanakan. Siswa menyikapi pebelajaran daring dengan posiif dengan menggunakan teknolgi seperti HP Android sebagai sarana balajar untuk membantu agar pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien. 3) Respons konatif siswa yaitu siswa mengalami kendala pembelajran daring yaitu : siswa kurang memahami materi yang disampakain, guru belum bisa mengontrol siswa dan sinyal yang tidak stabil. Solusi tindakan siswa untuk menghadapi kendala tersebut yaitu siswa menyimak secara sungguh-sungguh agar materi yang disampaikan tidak terlewat dan belajar secara mandiri di rumah, guru bekerjasama dengan orang tua siswa agar dapat memantau siswanya ketika pelaksanaan pembelajaran daring dimulai, dan memperisapkan hp anroid dan kuota dengan sinyal yang baik dan stabil sehingga pembelajaran daring dapat berjalan maksima, efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNuha, UlinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Respon Siswa, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Dec 2024 06:21
Last Modified: 13 Dec 2024 06:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12907

Actions (login required)

View Item View Item