Aula, Miftakhul (2023) Segmenting dan Positioning Partai Islam Ditingkat Lokal (Studi Kasus Partai PKB dan PPP Kabupaten Kudus pada Pemilihan Legislatif Tahun 2019). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (200kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukakan oleh peneliti memiliki tujuan yaitu: 1) Untuk mengetahui segmenting Partai PKB dan PPP Kabupaten Kudus pada pemilu legislatif Tahun 2019 2) Untuk mengetahui targetting Partai PKB dan PPP Kabupaten Kudus pada pemilu legislatif Tahun 2019, 3) Untuk mengetahui positioning Partai PKB dan PPP Kabupaten Kudus pada pemilu legislatif tahun 2019 dan 4) Untuk mengetahui startegi push marketing, pull marketing, dan pass marketing Partai PKB dan PPP Kabupaten Kudus pada pemilu legislatif Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan termasuk kedalam jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian dilakukan oleh peneliti dengan mendatangi secara langsung lokasi penelitian yaitu di DPC PKB Kabupaten Kudus dan DPC PPP Kabupaten Kudus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumnentasi. Data yang telah didapatkan kemudian di uji keabsahannya melalui uji kredibilitas menggunakan triangulasi. Selanjutnya data yang telah di uji kredibitasnya oleh peneliti dilakukan analisis dengan memilih dan merangkum data, kemudian data tersebut disajikan dan ditarik kesimpulan agar penelitian menjadi sempurna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Segmenting yang dilakukan oleh PKB dan PPP pada pemilu legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Kudus memiliki kesamaan latar belakang pemilih yaitu dari warga Nahdliyin 2) Targetting yang dilakukan oleh PKB dan PPP memiliki jangkauan target yang berbeda, dimana PKB memiliki jangkauan target pemilih yang lebih luas yaitu masyarakat pedesaan dan perkotaan serta warga nahdliyin secara umum, sementara PPP menargetkan suara dari para loyalis partai dan warga nahdliyin yang berusia diatas 50 tahun 3) Positioning yang dilakukan oleh PKB pada pemilu legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Kudus dilakukan dengan menyampaikan bahwa PKB merupakan partai yang peduli terhadap kesejahteraan tenaga pendidik madrasah, Sedangkan PPP positioning-nya yaitu menyampaikan bahwa PPP merupakan partai yang peduli terhadap pembangunan infrastruktur pendidikan Islam dan 4) Strategi push marketing yang dilakukan partai PKB dan PPP yaitu memberikan sosialisasi kepada pemilih dengan turun langsung dan memberikan bantuan kemasyarakat, kemudian pull marketing dilakukan PKB dan PPP dengan menggunakan media sosial dan massa sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat, selanjutnya pass marketing dilakukan PKB dan PPP dengan menggandeng pihak ketiga yaitu para kyai dan tokoh yang dinilai memiliki pengaruh dimasyarakat. Saran dalam penelitian ini, penulis berharap bahwa penelitian ini bisa dijadikan sebagai khazanah keilmuan dan dapat digunakan sebagai penelitian lanjutan, khususnya dalam konteks pembahasan terkait dengan marketing poltik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Segmenting, Positioning, Partai Islam, dan Pemilihan Legislatif | ||||||
Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Politik Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pemikiran Politik Islam | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Dec 2024 07:32 | ||||||
Last Modified: | 20 Dec 2024 07:32 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12951 |
Actions (login required)
View Item |