Sayyidah, Eva Karomatus (2023) Studi Sistem Penilaian Online Pada Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MAN 1 Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (456kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (397kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (578kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (352kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (780kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (352kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (491kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari konsistensi penggunaan media online pasca pandemi pada lingkup pendidikan, sehingga dapat mempermudah pihak pengajar maupun peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan penilaian online dengan menggunakan aplikasi- aplikasi online yang tersedia, seperti google classroom dan google form. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penilaian online yang berfokus pada pencapaian kompetensi pengetahuan dan kelebihan serta kekurangan dari penilaian online mata pelajaran Biologi di Kelas XI MAN 1 Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang termasuk dalam jenis penelitian fenomenologi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran biologi dan beberapa peserta didik kelas XI. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penilaian online sudah berjalan sistematis, dari persiapan, pelaksanaan serta hasil capaian kompetensi pengetahuan peserta didik. Penilaian online mata pelajaran biologi di MAN 1 Jepara dapat dikatakan biasa saja, dikarenakan penggunaan alternative medianya yang terbilang cukup umum dan terkesan mainstream. Kelebihan dari penilaian online adalah memudahkan dalam pengaksesan dan pengolahan hasil penilaian peserta didik, nyaman dan efisien, soal online yang memiliki keterangan gambar lebih jelas dibandingkan soal yang dicetak, dan kemurnian hasil penilaian peserta didik terjamin, diketahui dari urutan soal dapat berbeda-beda sehingga peserta didik sulit dalam bekerja sama. Kekurangan dari penilaian online adalah adanya gangguan internet, dan konsentrasi peserta didik berkurang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Online, Kompetensi Pengetahuan, Biologi | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > E-Learning, Pembelajaran Elektronik |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:23 | ||||||
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:23 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13009 |
Actions (login required)
View Item |