Syarofi, Ahmad (2023) Cognitive Behavioral Play Therapy Dalam Mengatasi Anger Expression Anak Autis Di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (346kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan cognitive behavioral play therapy dalam mengatasi anak autis anger expression di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah serta untuk mengetahui hambatan cognitive behavioral play therapy dalam mengatasi anak anger expression anak autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang di dapat dari 1 terapis, 1 guru tutor, I kabag, dan 1 shadow di pondok pesantren Al-Achsaniyyah, sedangkan sumber data skundernya diperoleh dari Data sekunder pada penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber, seperti foto pelaksanaan kegiatan, dokumen arsip pondok pesantren, dan data anak autis anger expression yang diperoleh dari kepala bagian terapis pondok pesantren al-achsaniyyah dan sumber data tambahan untuk kegiatan sehari-hari anak autis anger expression akan diperoleh dari guru tutor dan shadaw selaku penjaga di pondok pesantren al-achsaniyyah. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan cognitive behavioral play therapy dalam mengatasi anger expression anak autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah dilakukan dengan model bimbingan konseling individu yang dilakukan oleh terapis dengan menggunakan metode play therapy dengan beberapa permainan yang meliputi puzzle, lego, balok susun, maching gambar, mewarnai, meronce, bowling, memasukan lingkaran ring kedalam tiang dan memasukan bola. Dan bimbingan konseling kelompok pada kelas besar yang dilakukan oleh guru tutor untuk mengembangkan komunikasi dan interaksi sosial melalui metode belajar dan play therapy yang meliputi menggambar, mewarnai, permainan ular naga, menyayangi, dan memecahkan balon. Hasil dari pelaksanaan cognitive behavioral play therapy ini dinilai efektif untuk mengurangi agresifitas pada anak autis dan banyak anak yang mengalami kenaikan dalam satu tingkatan yang awalnya berada pada kelompok perawatan menjadi pra mandiri, dan pra mandiri menjadi kelompok mandiri. Serta Hambatan cognitive behavioral play therapy dalam mengatasi anger expression anak autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah tiap terapis dan guru tutor berbeda. Hambatan yang dialami oleh terapis anatara lain adalah ketika anak tantrum, dan anak baru duduk sudah meminta kembali ke asrama. Sedangkan hambatan yang dialami oleh guru tutor adalah kelas besar yang tidak spesifik pada satu anak dan tidak dibedakan klasifikasinya, kelas besar yang dilakukan di aula pondok sehingga anak lebih leluasa untuk lari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | cognitive behavioral play therapy, anger expression, anak autis | ||||||
Subjects: | Filsafat dan Psikologi > Psikologi Filsafat dan Psikologi > Psikologi > Psikologi konseling |
||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Dec 2024 03:41 | ||||||
Last Modified: | 27 Dec 2024 03:41 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13026 |
Actions (login required)
View Item |