Pengembangan Media Poster Buku (Posbuk) Berbasis Kode QR Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MA Mazro’atul Huda Karanganyar

Choir, Muhammad Charis Mazidatul (2024) Pengembangan Media Poster Buku (Posbuk) Berbasis Kode QR Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MA Mazro’atul Huda Karanganyar. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (560kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (743kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (964kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (896kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (375kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (633kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan proses pengembangan media poster buku (posbuk) berbasis kode QR materi keanekaragaman hayati, (2) untuk menganalisis tingkat kelayakan media poster buku (posbuk) berbasis kode QR materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari dosen ahli materi, dosen ahli media, guru mata pelajaran Biologi dan 30 peserta didik kelas X. Proses pengembangan dimulai dari tahap analisis meliputi analisis kebutuhan (need assessment) kurikulum, guru mata pelajaran Biologi dan peserta didik. Kemudian mendesain media pembelajaran yang akan dikembangan. Dilanjutkan pengembangan media pembelajaran dan diuji validitas. Setelah media pembelajaran valid maka diimplementasikan di sekolah untuk uji praktikalitas. Terakhir, dievaluasi media pembelajaran poster buku (posbuk) berbasis kode QR yang telah dikembangkan dan diuji cobakan. Hasil dari analisis kebutuhan (need assessment) menyatakan bahwa membutuhkan media pembelajaran yang inovatif. Desain dilakukan untuk membuat rancangan media menggunakan aplikasi Canva, QR Code Monkey dan Heyzine Flipbook serta membuat rancangan instrumen. Pengembangan media yang telah dibuat kemudian dilakukan uji validitas oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan hasil persentase 100% dengan kriteria sangat valid dan 74,11% dengan kriteria valid. Implementasi media di MA Mazro’atul Huda Karanganyar untuk dilakukan uji praktikalitas oleh guru mata pelajaran Biologi dan 30 peserta didik kelas X mendapatkan hasil persentase 93,75% dengan kriteria sangat praktis dan 75,7% dengan kriteria praktis. Hasil evaluasi media poster buku (posbuk) berbasis kode QR materi keanekaragaman hayati berdasarkan kevalidan dan kepraktisannya dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Biologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Poster Buku, Kode QR, Keanekaragaman Hayati
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jan 2025 08:28
Last Modified: 09 Jan 2025 08:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13167

Actions (login required)

View Item View Item