Implementasi Metode Qiraati Terintegrasi Asrama dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ Assalafiyah Gebog Kudus

Huda, Rifqi Ainul (2024) Implementasi Metode Qiraati Terintegrasi Asrama dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ Assalafiyah Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (553kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (657kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (776kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (477kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (589kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi metode Qiraati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di Tpq Assalafiyah Gebog Kudus, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode Qiraati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di Tpq Assalafiyah Gebog Kudus Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan metode obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dikumpulkan kemudian dianalisis secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran Membaca Al-Qur’an dengan metode Qiraati Tpq Assalafiyah Gebog Kudus dilaksanakan 6 hari dalam satu minggu, dan yang satu harinya digunakan untuk praktik sholat. Kegiatan belajar mengajar selama 75 menit dilakukan dalam 4 bagian yaitu materi tambahan yang dibaca di halaman Madrasah sebelum masuk kelas (15 menit). Kegiatan inti, membacakan peraga (15 menit), pengajaran individual buku jilid Qiraati (30 menit), penutup dengan membacakan peraga lagi (15 menit). (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode Qiraati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di Tpq Assalafiyah Gebog Kudus. Faktor pendukungnya yaitu sarana dan prasarana yang memadai yang berikan oleh pihak sekolah, adanya guru yang bersyahadah, adanya guru yang disiplin, adanya siswa yang selalu semangat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran membaca Al-Qur’an. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurang disiplinnya peserta didik Tpq Assalafiyah Gebog Kudus (sering dating terlpambatdan tidak membawa buku Qiraati dan buku prestasi), siswa lupa dengan materi karena kurang perhatian dari orang tua,, keadaan didalam kelas kurang kondusif , terbatasnya kegiatan belajar pada masa pandemi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIhsan, IhsanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Qiraati, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jan 2025 08:56
Last Modified: 09 Jan 2025 08:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13173

Actions (login required)

View Item View Item