Rosyada, Amrina (2023) Pengembangan E-Modul Matematika Menggunakan Flip Builder Berbasis Problem Based Learning pada Materi Relasi dan Fungsi di MTs Hidayatul Mustafiddin. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01.COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (505kB) |
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (513kB) |
|
Text
04.BAB I.pdf Download (744kB) |
|
Text
05.BAB II.pdf Download (947kB) |
|
Text
06.BAB III.pdf Download (928kB) |
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08.BAB V.pdf Download (526kB) |
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (529kB) |
Abstract
Dalam mempelajari matematika, sering ditemukan peserta didik yang kurang berminat mempelajari matematika dan sulit menerima materi yang sudah diajarkan, hal ini disebabkan guru dominan menggunakan teknik ceramah, masih sedikitnya media pembelajaran yang dapat diakses, tidak ada sumber belajar yang menarik dan mendasar yang tersedia bagi siswa. Oleh karena itu diperlukan suatu perangkat pembelajaran yang bisa membantu proses pemebelajaran matematika, salah satunya yaitu e-modul matematika menggunakan flip builder berbasis problem based learning (PBL). Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui spesifikasi e-modul matematika menggunakan flip builder berbasis problem based learning pada materi relasi dan fungsi , (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan e-modul matematika menggunakan flip builder berbasis problem based learning pada materi relasi dan fungsi, (3) untuk mengetahui kepraktisan pengembangan e-modul matematika menggunakan flip builder berbasis problem based learning pada materi relasi dan fungsi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D). Sedangkan model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan e-modul adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan instrument pengumpulan data berupa wawancara, lembar validasi dan angket. Analisis data yaitu menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,(1) e-modul diuji kelayakannya oleh dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Ahli materi mendapat skor rata-rata 90,5 dengan kategori sangat layak. Sedangkan ahli media mendapat skor rata-rata 88,5 dengan kategori sangat layak. (2) untuk mengetahui kepraktisan maka melakukan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Uji coba kelompok kecil dilakukan oleh 10 peserta didik mendapat skor rata-rata 88,1 dengan kategori sangat praktis. Sedangkan uji kelompok besar yang terdiri dari 30 peserta didik mendapat skor rata-rata 90 dengan kategori sangat praktis. Maka dari itu e-modul matematika menggunakan flip builder berbasis problem based learning pada materi relasi dan fungsi ayak dan praktis bisa digunakan dalam proses belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | E-modul Matematika, Flip Buider, problem based learning, Relasi dan Fungsi | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2025 02:08 | ||||||
Last Modified: | 15 Jan 2025 02:08 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13231 |
Actions (login required)
View Item |