Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Hedonis dan Pengetahuan Agama terhadap Perilaku Konsumsi Islami Masyarakat Berbelanja di Swalayan ADA Kudus

Putri, Luthfia Rosyada (2024) Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Hedonis dan Pengetahuan Agama terhadap Perilaku Konsumsi Islami Masyarakat Berbelanja di Swalayan ADA Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (420kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (494kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (452kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (610kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (621kB)

Abstract

Di era modern kebutuhan konsumsi manusia semakin kompleks dan gaya hidup modern yang semakin kuat membuat perilaku konsumsi tidak berdasarkan orientasi kebutuhan melainkan kesenangan dan kepuasan. Dalam etika konsumsi Islam, kepuasan bukan menjadi nomor satu, tetapi maslahah (manfaat) yang harus diutamakan. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi perilaku konsumsi salah satunya literasi keuangan, gaya hidup, pengetahuan agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, gaya hidup hedonis dan pengetahuan agama terhadap perilaku konsumsi Islami masyarakat berbelanja di swalayan ADA Kudus. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung swalayan ADA Kudus. Jumlah sampel 100 responden, menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling metode sampling incidental. Teknik pengumpulan data dengan menyebar kuesioner, data penelitian dianalisis menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian ini berdasarkan uji parsial (uji t) menyatakan bahwa variabel literasi keuangan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi menurut etika konsumsi Islam (Y) dengan nilai t hitung 3,157 > t tabel 1,984. Variabel gaya hidup hedonis (X2) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap perilaku konsumsi menurut etika konsumsi Islam (Y) dengan nilai t hitung 1,427 < t tabel 1,984. Variabel pengetahuan agama (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi menurut etika konsumsi Islam (Y) dengan nilai t hitung 3,929 > t tabel 1,984. Berdasarkan uji simultan (uji f) diketahui variabel X1, X2 dan X3 berpengaruh secara simultan terhadap variabel Y dengan nilai f hitung 40,450 > f tabel 2,70

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHadi, SolikhulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Gaya Hidup Hedonis, Pengetahuan Agama, Perilaku Konsumsi Islami
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Makro
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Jan 2025 02:40
Last Modified: 15 Jan 2025 02:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13232

Actions (login required)

View Item View Item