Putri, Luthfia Rosyada (2024) Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Hedonis dan Pengetahuan Agama terhadap Perilaku Konsumsi Islami Masyarakat Berbelanja di Swalayan ADA Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (420kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (494kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (452kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (610kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (270kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (621kB) |
Abstract
Di era modern kebutuhan konsumsi manusia semakin kompleks dan gaya hidup modern yang semakin kuat membuat perilaku konsumsi tidak berdasarkan orientasi kebutuhan melainkan kesenangan dan kepuasan. Dalam etika konsumsi Islam, kepuasan bukan menjadi nomor satu, tetapi maslahah (manfaat) yang harus diutamakan. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi perilaku konsumsi salah satunya literasi keuangan, gaya hidup, pengetahuan agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, gaya hidup hedonis dan pengetahuan agama terhadap perilaku konsumsi Islami masyarakat berbelanja di swalayan ADA Kudus. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung swalayan ADA Kudus. Jumlah sampel 100 responden, menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling metode sampling incidental. Teknik pengumpulan data dengan menyebar kuesioner, data penelitian dianalisis menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian ini berdasarkan uji parsial (uji t) menyatakan bahwa variabel literasi keuangan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi menurut etika konsumsi Islam (Y) dengan nilai t hitung 3,157 > t tabel 1,984. Variabel gaya hidup hedonis (X2) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap perilaku konsumsi menurut etika konsumsi Islam (Y) dengan nilai t hitung 1,427 < t tabel 1,984. Variabel pengetahuan agama (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi menurut etika konsumsi Islam (Y) dengan nilai t hitung 3,929 > t tabel 1,984. Berdasarkan uji simultan (uji f) diketahui variabel X1, X2 dan X3 berpengaruh secara simultan terhadap variabel Y dengan nilai f hitung 40,450 > f tabel 2,70
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Literasi Keuangan, Gaya Hidup Hedonis, Pengetahuan Agama, Perilaku Konsumsi Islami | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Makro Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen |
||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2025 02:40 | ||||||
Last Modified: | 15 Jan 2025 02:40 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13232 |
Actions (login required)
View Item |