Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Kontekstual Menggunakan Liveworksheets pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII

Izzah, Siti Maftuchatul (2023) Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Kontekstual Menggunakan Liveworksheets pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (543kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (498kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (761kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (911kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (431kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (658kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa E-LKPD berbasis pendekatan kontekstual menggunakan liveworksheets pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Serta untuk menganalisis kelayakan E-LKPD berbasis pendekatan kontekstual menggunakan liveworksheets pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Research and Development (R&D). Research and Development yaitu satu langkah yang bertujuan mengembangkan produk baru ataupun menyempurnakan produk yang telah ada sehingga bisa dipertanggungjawabkan. Model penelitian dan pengembangan yang dipakai adalah model ADDIE. Model ADDIE adalah singkatan dari Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar penilaian respon peserta didik. Hasil validasi dari ahli materi mendapatlkan skor rata-rata 88, sehingga materi yang dimuat termasuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan hasil validasi dari ahli media mendapatkan skor rata-rata 85,5, sehingga termasuk dalam kategori sangat layak juga. Pada uji coba produk, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs. NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus yang berjumlah 50 peserta didik yang terbagi menjadi uji coba skala kecil diikuti 15 peserta didik dengan skor rata-rata 85,5 dan dan uji coba skala besar diikuti 35 peserta didik dengan skor rata-rata 86,3. Dengan demikian kedua uji coba tersebut termasuk dalam kategori sangat layak. Maka dapat disimpulkan E-LKPD Berbasis Pendekatan Kontekstual Menggunakan Liveworksheets pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII dapat dikatakan layak dan dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAuliya, Nanang Nabhar FakhriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan E-LKPD, ADDIE, Liveworksheets, Pendekatan Kontekstual, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Jan 2025 08:01
Last Modified: 15 Jan 2025 08:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13242

Actions (login required)

View Item View Item