Nada, Izzatun (2023) Implementasi Strategi Pembelajaran Edutainment untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs NU Sultan Agung Kudus Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (366kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (387kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (782kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (592kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (615kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (745kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (378kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (605kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kegiatan Pembelajaran Edutainment kelas VII MTs NU Sultan Agung Kudus pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak tahun 2022/2023 (2) Faktor pendukung dan penghambat Kegiatan Pembelajaran Edutainment kelas VII MTs NU Sultan Agung Kudus pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak tahun 2022/2023 (3) Hasil Pembelajaran Edutainment dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VII MTs NU Sultan Agung Kudus pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak tahun 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data wawancara diperoleh dari kepala madrasah, guru pengampu mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, dan siswa kelas VII. Observasi dan dokumentasi dilaksanakan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan implementasi pembelajaran Edutainment dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VII MTs NU Sultan Agung Kudus pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Uji keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, bahan referensi, dan member check. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Penerapan strategi pembelajaran edutainment sebagai upaya madrasah dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa agar dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dengan strategi edutainment menggunakan beberapa metode pembelajaran diantaranya metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode banyak kata, metode Word Square, dan lainnya. (2) Faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran edutainment dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VII MTs NU Sultan Agung Kudus pada mata pelajaran Akidah Akhlak Tahun Ajaran 2022/2023. Faktor pendukung keberhasilan strategi pembelajaran edutainment terdiri dari peran pendidik dan orang tua, kecerdasan siswa, serta lingkungan atau teman sebaya. Faktor penghambat penerapan strategi pembelajaran edutainment terdiri dari keadaan siswa, kesiapan guru, jiwa kompetisi siswa, serta media yang digunakan. (3) Hasil penggunaan strategi pembelajaran edutainment mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VII MTs NU Sultan Agung Kudus pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Hasil penelitian tersebut diharapkan mampu memberi sumbangan gaya belajar dan mengajar MTs NU Sultan Agung Kudus yang lebih bervariasi, menumbuhkan semangat kompetitif, kreatif, inovatif, serta madani
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Strategi Edutainment dan Motivasi Belajar | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 16 Jan 2025 03:39 | ||||||
Last Modified: | 16 Jan 2025 03:39 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13246 |
Actions (login required)
View Item |