Indriyani, Indriyani (2023) Museum Purbakala Pati Ayam Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal Kelas VII di SMP 2 Gebog Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus Tahun 2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (499kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (408kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (640kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (767kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (722kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (402kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Museum Purbakala Pati Ayam sebagai Sumber Belajar 2) Untuk mengetahui pemanfaatan Museum Purbakala Pati Ayam sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal Kelas VII oleh Guru IPS 3) Untuk mengetahui relevansi koleksi Museum Purbakala dengan materi pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, yaitu peneliti datang langsung ke lokasi penelitian di SMP N 2 Gebog Kec. Gebog Kab.Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu Pengelola Museum, Guru IPS, dan Peserta didik kelasVII A SMP N 2 Gebog. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengajuan keabsahan data menggunakan uji krediblitas melalui triangulasi. Selanjutnya data dianalisis dengan memilih dan merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan agar penelitian menjadi sempurna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, kelebihan Museum Purbakala Pati Ayam sebagai sumber belajar sejarah lokal yaitu koleksi museum yang lengkap dapat menambah pengetahuan pengunjung/peserta didik, temuan fosil utuh yang menjadi keunggulan dibandingkan museum lain, adanya fosil peninggalan alat-alat dari batu yang merupakan hasil budaya dapat diintegrasikan dalam materi pembelajaran IPS, Museum Purbakala Pati Ayam sebagai sumber belajar membantu mengembangkan kemampuan berpikit kritis siswa dan meningkatkan semangat belajar siswa. Kekurangan Museum Purbakala Pati Ayam dijadikan sebagai sumber belajar yaitu terbatasnya waktu, alat transportasi dan biaya, jarak dan keamanan peserta didik. Kedua, Pemanfaatan Museum Purbakala Pati Ayam sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal dalam Pembelajaran IPS dilakukan dalam dua tahapan, yaitu pemanfaatan di kelas dan kunjungan secara langsung ke museum. Adapun hambatan yang ditemukan dalam pemanfaatan museum oleh guru dianaranya jarak, waktu, biaya dan keselamatan peserta didik. Ketiga, Relevansi Koleksi Museum Purbakala Pati Ayam dengan materi pembelajaran IPS dalam pemanfaatannya dapat disesuaikan dengan materi yang disampaikan dan tujuan pembelajaran yang tercantum dalam Materi Ajar Kurikulum Merdeka (RPP+)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Museum, Sumber Belajar, Pembelajaran | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2025 04:07 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2025 04:07 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13290 |
Actions (login required)
View Item |