Hilal, Ahmad Awaluddin (2023) Pengaruh Islamic Market Orientation dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran dalam mencapai Keunggulan Bersaing Pada UKM Konveksi Kabupaten Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (454kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (385kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (727kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (914kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (755kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (902kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (372kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh islamic market orientation dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran dalam mencapai keunggulan bersaing Pada UKM konveksi Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang analisisnya menekankan pada data-data numerikal dan diolah dengan statistika. Adapun jenis penelitiannya menggunakan penelitian lapangan (field research). Populasi pada penelitian ini adalah pengusaha UKM konveksi di Kabupaten Jepara yang berjumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas instrumen dan uji reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis jalur (path analysis) dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t parsial, koefisien determinasi, uji sobel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa islamic market orientation berpengaruh terhadap kinerja pemasaran pada UKM konveksi Kabupaten Jepara, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung > nilai t tabel (5.110 > 1.984) dengan nilai signifikan (0.000 < 0.05). Inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran pada UKM konveksi Kabupaten Jepara, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung > nilai t tabel (2.626 > 1.984) dengan nilai signifikan (0.010 < 0.05). Islamic market orientation berpengaruh terhadap keunggulan bersaing pada UKM konveksi Kabupaten Jepara, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung > nilai t tabel (4.574 > 1.984) dengan nilai signifikan (0.000 < 0.05). Inovasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing pada UKM konveksi Kabupaten Jepara, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung > nilai t tabel (2.830 > 1.984) dengan nilai signifikan (0.006 < 0.05). Kinerja pemasaran berpengaruh terhadap keunggulan bersaing pada UKM konveksi Kabupaten Jepara, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung > nilai t tabel (2.163 > 1.984) dengan nilai signifikan (0.033 < 0.05). Islamic market orientation berpengaruh langsung terhadap keunggulan bersaing melalui kinerja pemasaran pada UKM konveksi Kabupaten Jepara, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung > nilai t tabel (1.992 > 1.984). Inovasi produk tidak berpengaruh langsung terhadap keunggulan bersaing melalui kinerja pemasaran pada UKM konveksi Kabupaten Jepara, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung < nilai t tabel (1.669 < 1,984).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Islamic Market Orientation, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran, Keunggulan Bersaing | ||||||
Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis Bisnis Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 04:38 | ||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 04:38 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13326 |
Actions (login required)
View Item |