Putri, Intan Desi Ana (2024) Upaya Mahasiswa HMPS KPI Devisi Warna Angkatan 2021 dalam Menumbuhkan Minat Baca di Media Online. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (290kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (544kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (852kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (578kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (634kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (329kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (433kB) |
Abstract
Membaca merupakan salah satu aktivitas belajar yang efektif untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan, namun gejala enggan untuk membaca telah tumbuh pada mahasiswa saat ini. Kurangnya minat baca mahasiswa saat ini berpengaruh pada pola perkembangan pada mahasiswa khususnya yang terjadi pada mahasiswa HMPS Devisi Warna dalam membaca media online Penelitian ini bertujuan untuk mencari alternatif upaya dalam meningkatkan minat baca mahasiswa khususnya dikalangan mahasiswa HMPS KPI Devisi Warna angkatan 2021 dalam membaca di media online. Karena pada dasarnya kegiatan membaca sudah seharusnya menjadi aktivitas rutin bagi mahasiswa guna memperoleh pengetahuan dan informasi baik dalam kehidupan sehari-hari maupun akademik. Namun rendahnya minat baca khususnya pada mahasiswa menjadi satu masalah, kurangnya keinginan dan kemauan dari mahasiswa itu sendiri menjadi pendorong masalah tersebut dapat terjadi. Peneliti menggunakan metode kualitatif deksriptif. Data primer dan sekunder peneliti gunakan sebagai sumber dan jenis data dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dikumpulkan melalui pengumpulan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa HMPS KPI Devisi Warna memiliki minat baca di media online, 2 diantaranya membaca setiap hari, 3 mahasiswa membaca beberapa kali dalam sehari, 2 mahasiswa membaca tidak teratur, dan 3 sisanya membaca setidaknya satu kali sehari. Hasil data yang diperoleh minat baca mahasiswa HMPS KPI Devisi Warna dalam membaca di media online, 8 mahasiswa menyatakan bahwa keakuratan dan kreadibilitas berita sangat mempengaruhi mereka dalam membaca berita di media online. Berdasarkan analisis data yang diperoleh oleh peneliti, faktor yang mempengaruhi minat baca adalah sekitar 6 mahasiswa menganggap tampilan dan navigasi website yang menarik penting dalam membaca, 7 mahasiswa mencari kemudahan dalam mengakses media online, dan 7 mahasiswa menyatakan interaksi sosial dan berbagi berita dengan teman menjadi faktor pendukung mahasiswa dalam membaca di media online. Kemudian sekitar 8 mahasiswa menyatakan keterbatasan waktu untuk membaca menjadi hambatan mereka dalam membaca di media online, 7 mahasiswa menyatakan jumlah informasi yang berlebihan, 4 mahasiswa mengeluhkan gangguan digital dan kelelahan, 2 mahasiswa lainnya menyatakan keterbatasan aksesbilitas dan konektivitas. Berdasarkan hasil penelitian diatas, guna meningkatkan minat baca mahasiswa HMPS KPI Devisi Warna seharusnya melakukan pengelolaan waktu yang efektif guna mengatur waktu mereka untuk membaca secara online. Melakukan kurasi berita yang relevan dan menarik guna meningkatkan minat baca mereka. Memberikan edukasi mengenai managemen digital dan memperhatikan aksesibiltas dan konektivitas bagi mahasiswa. Dengan melakukan beberapa hal tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan minat baca pada mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Minat Baca, Strategi/Upaya, Media Online | ||||||
Subjects: | Ilmu Komputer, Informasi, Karya Umum > Ilmu Perpustakaan dan Informasi > Minat Baca, Budaya Baca | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 06:54 | ||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 06:54 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13335 |
Actions (login required)
View Item |