Setiyani, Dewi (2024) Implementasi Pembiasaan Literasi Al-Qur’an pada Mata Pelajaran PAI Sebagai Upaya Penanaman Karakter Religius Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Tayu Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01.COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (862kB) |
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
04.BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
05.BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06.BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08.BAB V.pdf Download (671kB) |
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (798kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai implementasi pembiasaan literasi Al-Qur’an pada mata pelajaran PAI sebagai upaya penanaman karakter religius siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tayu. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi pembiasaan literasi Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Tayu, 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi pembiasaan literasi Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Tayu, 3) Untuk mendeskripsikan nilai karakter religius yang telah tertanam pada diri siswa kelas X melalui pembiasaan literasi Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Tayu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, guru PAI kelas X dan siswa SMA Negeri 1 Tayu. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumentasi arsip dan sumber sejenisnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan teknik. Setelah semua data terkumpul, data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) implementasi pembiasaan literasi Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Tayu dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan yang meliputi rapat pembahasan antara dewan guru dan kepala sekolah, pengelompokkan siswa, adanya buku kontrol perkembangan literasi. Pelaksanaan literasi Al-Qur’an meliputi berwudhu, membaca Asmaul Husna, membaca Al-Qur’an, menulis Ayat Al-Qur’sn, sorogan atau bandongan. Evaluasi literasi Al-Qur’an meliputi laporan guru PAI, pengamatan langsung kepada siswa, evaluasi per minggu, dan evaluasi per semester. 2) Faktor yang mendukung terlaksananya literasi Al-Qur’an meliputi faktor internal yaitu motivasi siswa. Sedangkan faktor eksternal yaitu peran guru, Sarana dan prasarana, kegiatan lain yang mendukung literasi Al-Qur’an. Adapun faktor penghambat meliputi faktor internal yaitu kedisiplinan siswa dan perbedaan motivasi. Sedangkan faktor eksternal yaitu kurangnya sinergi orang tua, kegiatan internal sekolah, kritik guru lain. 3) Hasil implementasi literasi Al-Qur’an diantaranya yaitu rajin membaca Al-Qur’an, bertanggung jawab, mandiri, tertib/disiplin, sopan santun, memahami ayat Al-Qur’an, saling membantu, perasaan tenang dan nyaman, dan rajin sholat berjamaah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | literasi, Al-Qur’an, pembiasaaan, karakter, religius | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 07:48 | ||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 07:48 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13350 |
Actions (login required)
View Item |