Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran Biologi Pada Materi Protista Kelas X SMA/MA, Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kudus

Umasiya’tiyan, Umasiya’tiyan (2023) Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran Biologi Pada Materi Protista Kelas X SMA/MA, Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (506kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (399kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (633kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (953kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (565kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui proses pengembangan modul elektronik pembelajaran biologi pada materi algae tingkat SMA/MA 2) mengetahui kelayakan modul elektronik pembelajaran biologi pada materi algae tingkat SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan mengikuti model 4D (four-D) dan mengikuti alur Thiagarajan, Dorothy S. Semmel dan Melvyn I. Sammel yang terdiri dari empat tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (pendefinisian), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Tahap Define peneliti melakukan observasi kepada peserta didik, memberikan angket terbuka untuk mengetahui permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Tahap Design peneliti melakukan serangkaian kegiatan diantaranya menyusun beberapa instrumen yang berupa lembar validasi dan angket responden. Selain itu, pada tahap ini peneliti memilih bahan ajar dan format modul yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, serta mengumpulkan materi yang kemudian didesain dalam bentuk media pembelajaran berbentuk modul elektronik. Setelah modul elektronik algae selesai disusun maka masuk pada tahap Develop. pada tahap Develop produk yang telah selesai dikembangkan oleh peneliti selanjutnya di validasi oleh ahli materi, ahli media dan praktisi (guru). Setelah produk divalidasi oleh ahli dan praktisi, didapatkan komentar atau saran perbaikan untuk selanjutnya dilakukan revisi. Produk yang telah selesai direvisi selanjutnya diuji cobakan pada peserta didik. Tahap Disseminate peneliti menyebar produk pengembangan pada skala yang lebih luas yaitu dengan mengsubmit produk pengembangan menjadi sebuah artikel dan terbit di jurnal. Subyek penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X MIPA 5 Reguler yang telah mendapatkan materi protista pada mata pelajaran biologi di sekolahan. Penelitian ini dilakukan di MA NU Banat Kudus, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi ahli (materi dan media) dan praktisi (guru), angket responden dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Analisis data kuantitatif didapatkan dari perolehan skor pada angket. Analisis data kualitatif didapatkan dari komentar dan saran dari ahli dan praktisi. Hasil penelitian dan pengembangan ini terdiri dari hasil validasi ahli materi sebesar 97,33%, validasi ahli media 78,43%, validasi praktisi (guru) 85,91% serta hasil tanggapan peserta didik sebesar 82% yang menujukkan bahwa modul elektronik algae sangat layak digunakan sebagai pendamping bahan ajar dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran biologi di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFikri, Achmad AliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul elektronik, algae, materi protista
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Modul Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jan 2025 01:40
Last Modified: 22 Jan 2025 01:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13357

Actions (login required)

View Item View Item