Hidayat, Yusuf Nur (2023) Penerapan Konseling Behavior dengan Teknik Penguatan Positif dalam Meningkatkan Manajemen Waktu Santri Pondok Pesantren Darusy Syifa Al Islami Ploso Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover.pdf Download (891kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (138kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (145kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (240kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (409kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (265kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (356kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (141kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (147kB) |
Abstract
Dalam penelitian ini bertujuan menjelaskan penerapan konseling behavior dengan teknik penguatan positif dalam meningkatkan manajemen waktu santri di pondok pesantren Darusy Sifa Al Islami, dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat santri dalam meningkatkan manajemen waktu di pondok pesantren Darusy Syifa Al Islami Ploso Jati Kudus. Penelitian ini merupakan berjenis Field Research (penelitian lapangan) yaitu penelitian dengan cara mengamati dan mempelajari langsung keadaan di lapangan, dimana peneliti mendatangi seorang informan dan meminta informasi terkait judul. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, data primer meliputi pengasuh, pembimbing dan santri, data sekunder yaitu meliputi jurnal ilmiah dan buku. Penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi secara langsung di lokasi penelitian. Untuk analisis data terdiri dari (empat) unsur pokok dalam teknik analisis data, yaitu pengumpulan data, reduksi data atau penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Penerapan Konseling Behavior dengan Teknik Penguatan Positif dalam meningkatkan Manajemen Waktu santri Pondok Pesantren Darusy Syifa Al Islami Ploso Jati Kudus, dalam upaya penerapan penguatan positif dalam upaya meningkatkan manajemen waktu santri terdapat penguatan positif secara materi maupun non materi dan juga terdapat empat langkah manajemen santri (perencanaan, pengontrolan, aksi dan evaluasi. Berdasarkan upaya meningkatkan manajemen waktu santri. 2. Faktor Pendukung dan Penghambat Santri dalam meningkatkan Manajemen Waktu di Pondok Pesantren Darusy Syifa Al Islami Ploso Jati Kudus. Terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi proses berjalannya proses penerapan penguatan positif untuk meningkatkan manajemen waktu yang diantaranya terdapat faktor penghambat dan pendukung. Faktor penghambatnya meliputi pola pikir, pergaulan dan kesadaran diri, sedangkan faktor pendukungnya meliputi sarana prasarana, sistem pondok pesantren modern dan tenaga pendidik yang kompeten.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Behavioral, Teknik Penguatan Positif, Meningkatkan Manajemen Waktu Santri | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2025 03:59 | ||||||
Last Modified: | 24 Jan 2025 03:59 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13423 |
Actions (login required)
View Item |