Sa'adah, Minkhatus (2023) Implementasi Pembelajaran Fiqhun Nisa sebagai Penguat Mata Pelajaran Fikih Materi Haid Kelas VII A di MTs Qudsiyyah Putri Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
04. BAB I.pdf Download (730kB) |
![]() |
Text
05. BAB II.pdf Download (881kB) |
![]() |
Text
06. BAB III.pdf Download (630kB) |
![]() |
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
08. BAB V.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (615kB) |
Abstract
Pemahaman seputar haid menjadi topik yang sangat penting untuk dipelajari, karena permasalahan tersebut sangat erat kaitannya dengan keabsahan ibadah seorang Perempuan. Pembelajaran Fiqhun Nisa adalah pembelajaran mendalam tentang materi kewanitaan, seperti haid, istihadah, nifas, dan lain sebagainya. Dengan adanya pembelajaran fiqhun nisa ini diharapkan mampu menguatkan dan menambah pemahaman peserta didik tentang materi haid yang juga disampaikan pada pembelajaran Fikih, serta dapat diamalkan dalam kehidupannya dan terlebih diajarkan kepada masyarakat di lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi Pembelajaran Fiqhun Nisa sebagai Penguat Mata Pelajaran Fikih Materi Haid Kelas VII A di MTs Qudsiyyah Putri Kudus 2) Faktor pendukung dan penghambat keberhasilan Pembelajaran Fiqhun Nisa sebagai Penguat Mata Pelajaran Fikih Materi Haid Kelas VII A di MTs Qudsiyyah Putri Kudus Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data wawancara penelitian ini diperoleh dari kepala madrasah, guru pengampu pembelajaran Fiqhun Nisa, Waka Kurikulum, dan peserta didik kelas VII A MTs Qudsiyyah Putri Kudus. Observasi dan dokumentasi dilakukan terhadap hal-hal berkaitan dengan implementasi pembelajaran Fiqhun Nisa sebagai penguat mata pelajaran fikih materi haid kelas VII A di MTs Qudsiyyah Putri Kudus. Uji keabsahan yang dilakukan adalah perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan bahan referensi. Kemudian dalam analisis data yang dimulai dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut : (1) Implementasi pembelajaran Fiqhun Nisa sebagai penguat mata pelajaran Fikih materi haid kelas VII A di MTs Qudsiyyah Putri Kudus dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Proses implementasi pembelajaran Fiqhun Nisa dengan memberikan materi melalui metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab disertai dengan menganalisis contoh adat haid seseorang dan membuat catatan haid bagi peserta didik. (2) Faktor pendukung dan penghambat keberhasilan Pembelajaran Fiqhun Nisa sebagai penguat mata pelajaran Fikih kelas VII A di MTs Qudsiyyah Putri. Faktor pendukung keberhasilan Pembelajaran Fiqhun Nisa terdiri dari minat peserta didik dalam pembelajaran Fiqhun Nisa, guru yang berkompeten dalam bidangnya, dan lingkungan Pondok pesantren yang mengajarkan pendidikan agama secara lebih intensif. Faktor penghambat keberhasilan pembelajaran Fiqhun Nisa terdiri dari perbedaan tingkat pemahaman peserta didik, metode pembelajaran, dan Sarana prasarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Haid dan Pembelajaran Fiqhun Nisa | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2025 08:51 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2025 08:51 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13494 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |